Selasa, 30 April 24

Tips Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tips Turunkan Tekanan Darah Tinggi
* Ilustrasi Tekanan Darah (Foto: Istimewa)

Obsessionnews — Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat meningkatkan risiko penyakit turunan yaitu jantung, stroke, bahkan kematian.

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, tekanan darah tinggi ini masih dapat dikontrol dengan beberapa cara berikut ini. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.

Jika perlu lakukanlah secara konsisten agar tekanan darah selalu stabil setiap saat, dirangkum berbagai sumber, berikut rangkumannya.

1. Latihan Otot Pernapasan

Hal ini mungkin dapat dianggap remeh, tetapi faktanya bisa menurunkan tekanan darah ‘hanya’ dalam tempo 5 menit. Mengutip Journal of the American Heart Association cara latihan otot pernapasan ini disebut juga dengan IMST (Inspiratory Muscle Strength Training).

Adapun, kegiatan ini bisa dilakukan dengan bernapas. Seperti biasa guna memperkuat diafragma dan otot pernapasan, serta menjaga kesehatan jantung.

2. Mengatur Pola Makan

Guna menurunkan tekanan darah, mulailah dengan mengganti makanan yang mengandung gula, karbohidrat. Serta olahan biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan produk olahan susu rendah lemak.

Gula mampu meningkatkan tekanan darah lebih tinggi dengan cepat. Sementara mengurangi konsumsi karbohidrat mampu menurunkan tekanan darah diastolik, dan sistolik setelah dilakukan selama 6 bulan.

3. Rutin Olahraga

Olahraga yang disarankan untuk mengurangi darah tinggi yaitu berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan yoga. Aktivitas ini dapat dilakukan sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

Jika Anda sudah lama tidak berolahraga, cobalah untuk melakukan secara bertahap. Hal ini untuk mencegah terjadinya cedera.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas dapat memberikan tekanan lebih pada arteri. Dampaknya, akan menimbulkan tekanan darah lebih tinggi.

5. Membatasi Konsumsi Garam

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu membatasi konsumsi garam (sodium). Baik itu garam yang ada pada masakan, camilan, makanan kaleng, maupun minuman ringan.

Jika jumlah sodium di dalam tubuh berlebihan, tekanan darah akan meningkat. Oleh karena itu, pengidap tekanan darah tinggi dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam atau menjalani diet rendah garam.

Dalam tubuh orang dewasa hanya dianjurkan untuk mengonsumsi sodium sebanyak 1500–2000 mg per hari. Pastikan untuk melakukan semua cara tersebut agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari hipertensi beserta komplikasinya. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.