Rabu, 15 Mei 24

Terlibat Suap, Wakil Presiden FIFA ‘Dipecat’

Terlibat Suap, Wakil Presiden FIFA ‘Dipecat’
* Alfredo Hawit dan Juan Angel Napout ditahan di Swiss atas permintaan AS. (BBC)

Zurich – FIFA menangguhkan wakil presiden FIFA Alfredo Hawit dan Juan Angel Napout dari jabatannya selama 90 hari.

Keduanya ditahan di Swiss pada Kamis (3/12), atas permintaan otoritas AS, dalam kasus dugaan menerima suap sebesar jutaan dolar.

Napout, 57 tahun, mengawasi sepakbola di konfederasi Amerika Selatann, dan Hawit, 64 tahun, merupakan pejabat sementara presiden untuk sepakbola di Amerika Tengah dan Utara serta Karibia.

Keduanya dilarangdari seluruh aktivitas yang berkaitan dengan sepakbola.

Mereka ditahan salam sebuah penyergapan di hotel yang sama di Zurich, tempat sejumlah pejabat dari FIFA ditahan pada Mei lalu.

Komite eksekutif FIFA telah menggelar pertemuan untuk memutuskan tentang reformasi di tubuh asosiasi sepakbola dunia itu.

Kamis lalu, dua orang itu merupakan bagian dari 16 pejabat yang didakwa oleh otoritas AS yang menyelidiki korupsi di organisasi tersebut.

Jaksa Agung AS Loretta Lynch mengatakan:”Penghianatan atas kepercayaan di sini sangat hina. Skala dugaan korupsi besar sekali.

“Dan pesan dari pengumuman ini harus jelas kepada setiap orang yang bersalah yang masih berada dalam bayangan, berharap mengelak dari penyelidikan kami: Anda tidak akan menunggu kami; Anda tidak lolos dari perhatian kami.” (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.