Jumat, 26 April 24

Tangani Warga, Polri Diminta Gunakan Perspektif HAM

Tangani Warga, Polri Diminta Gunakan Perspektif HAM

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui bahwa saat ini polisi banyak diadukan warga  ke Komnas HAM terkait pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia (HAM). Untuk itu, Presiden menginstruksikan Kapolri segera melakukan upaya pembenahan  kepolisian dengan perspektif HAM.

Presiden Jokowi mengatakan cara Polres Jakarta Utara yang mengupayakan pengarusutamaan HAM di lingkungannya bisa menjadi contoh bagi Polri secara umum untuk bagaimana bertindak di lapangan.

“Ini yang harus ditiru oleh jajaran kepolisian yang lainnya. Kita butuh kehadiran  polisi yang bisa memberikan rasa aman, memberikan rasa nyaman bagi seluruh warga masyarakat,” kata Presiden di Istana Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Jokowi juga meminta untuk menghentikan kekerasan dan kriminalisasi terhadap kebebasan berekspresi dan demonstrasi damai. Tetapi, ia mengingatkan demontrasi itu harus pada aturan mainnya.

“Itu aturan yang harus kita laksanakan. Jangan dipikir kita mengekang sebuah lintasan berekspresi dan berdemontrasi. Tidak, memang itu ada aturannya,” ucap Presiden. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.