Jumat, 26 April 24

Tamu Kerajaan Brunei Kunjungi Museum di Bandung

Tamu Kerajaan Brunei Kunjungi Museum di Bandung
* Tini Djumartini

Bandung, Obsessionnews – Sebanyak 50 orang Tantara Diraja Brunei mengunjungi Museum Sribaduga dan Museum Konferensi Asia Afrika Bandung, Selasa (29/9/2015).

Menurut  Kasi Pemanfaatan Museum Negeri Sribaduga Disparbud Jabar Tini Djumartini, kedatangan para Tantara Diraja Brunei Darussalam ini merupakan muhibah yang digelar sejak Senin kemarin.

“Mereka muhibah dari hari Senin sampai Kamis lusa, sebelumnya mengunjungi Ciater dan Gunung Tangkuban parahu dilanjutkan hari ini ke museum Sribaduga dan museum Konferensi Asia Afrika,” tandas Tini.

Ia menjelaskan, kedatangan mereka juga mempelajari koleksi yang ada di museum Sribaduga yang ada saat ini, yakni sebanyak 7000 koleksi. “Ada 7000 koleksi yang ada di museum Sribaduga, 20 persen berada di ruang pamer dan 80 persen di simpan di tempat penyimpanan koleksi,” ucapnya.

Tamu Tantara Diraja Brunei Darussalam juga diperkenalkan dengan naskah kuno Islam, karena pada hari yang bersamaan  sedang dibedah oleh para budayawan dan pelaku sejarah, selain itu diperkenalkan melalui tayangan tentang koleksi di Museum Sribaduga.

Koleksi yang baru, seperti lukisan Sribaduga raja Pajajaran dan lukisan Bandung Lautan api yang sedang dipersiapkan akan menjadi koleksi mendatang.

Tini mengaku pihaknya gencar menggelar promosi dan sosialisasi, seperti dilakukan di Purwakarta Jabar dengan menggelar Museum Ekspo yang diikuti museum post, musem KAA, museum Bait Alquran Masjid Istiqlal, museum Subang dan Purwakarta.

“Alhamdulillah animo masyarakat cukup tinggi, terlebih dengan adanya kerjasama dengan Dinas Pendidikan Jabar, sehingga setiap hari para pelajar se-Jabar membludak mengunjungi museum,” tandasnya.

Tini mengatakan tidak kurang dari 17 ribu pengunjung setiap bulan mendatangi museum tersebut termasuk beberapa hari lalu kunjungan dari tamu kenegaraan Palestina. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.