Kamis, 6 Oktober 22

LSM yang Rugikan Kepentingan Nasional Bisa Dibubarkan

LSM yang Rugikan Kepentingan Nasional Bisa Dibubarkan
* Wawan Ari Purwanto

Jakarta, Obsessionnews – Mencermati suara dan kepentingan LSM dalam perang bisnis di dunia internasional, Pengamat Intelijen Wawan Ari Purwanto mensinyalir adanya kepentingan besar di balik suara suara Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang “galak”. Ia menekankan agar pemerintah berani bertindak tegas kepada LSM yang jelas jelas merugikan kepentingan nasional.

“Anda bisa lihat LSM itu galak pasti karena punya backing yang kuat. Nah pemerintah harus melakukan diplomasi dengan backing tersebut sehingga solusinya lebih cepat,” katanya dalam Diskusi bertajuk “LSM dan Perang Dagang” di Gedung PPM Manajemen Jakarta Selasa (29/9).

Wawan Purwanto menegaskan kepentingan politik di belakang LSM harus dibedah. Beberapa negara barat berani tegas tegas membubarkan LSM yang merugikan kepentingan nasionalnya.

“Kadang ada yang bertanya kenapa LSM tidak berteriak ketika ada kasus besar, sementara mereka berteriak untuk kasus yang lain, semua itu karena faktor biaya dan pesanan dari backingnya”, tegasnya.

Sementara itu Pakar Hukum Internasional dari Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana menyatakan bahwa kepentingan asing memang menggunakan LSM untuk “nabok nyilih tangan”. Mereka membiaya LSM untuk melanggengkan kepentingan mereka khususnya untuk memperluas pasar di negara tersebut.

Ia berharap LSM di Indonesia paham bener dengan kondisi tersebut. Bahkan ia menyarankan jika ada kepentingan donor yang merugikan kepentingan nasional agar tidak dilaksanakan begitu saja.

“Istilahnya seperti Pilkada, ambil dananya tapi jangan coblos orangnya. Ambil saja dana donor tersebut tapi tak usah dilaksanakan misi mereka”, kata staf pengajar FH UI ini.

Ia juga mengharapkan agar LSM bergerak untuk kepentingan Indonesia saja. menyadari kemungkinan kepentingan asing mengadu domba di dalam negeri dengan membiaya program-program tertentu dan pemerintah bertindak tegas terhadap LSM yang merugikan kepentingan nasional.

“Kalau saja kepentingan nasional terganggu, LSM bisa dibubarkan. Justru Indonesia ini berlebihan. Karena takut dianggap melanggar HAM dan lain lain akhirnya ga melakukan apa-apa. Demokrasi hrs ada hukumm. Pemerintah harus bisa melihat kalau sudah merugikan ya pemerintah harus ambil tindakan”. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.