Sabtu, 4 Mei 24

Skinproof Ungkapkan Beberapa Poin Penting Indikator Keamanan Produk Kosmetik

Skinproof Ungkapkan Beberapa Poin Penting Indikator Keamanan Produk Kosmetik
* Skinproof, perusahaan terkemuka dalam uji keamanan produk kosmetik, telah membantu sejumlah merek kosmetik ternama dalam melakukan uji keamanan produk kosmetik baik uji kompabilitas (uji iritasi atau test patch). (Foto: Dok. Skinproof)

Obsessionnews.com – Kosmetik merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Berdasarkan laporan European Commission tahun 2022, konsumen berusia 18-24 tahun menggunakan lebih dari 16 jenis kosmetik setiap minggunya. Beberapa faktor seperti harga, merek, dan ulasan para key opinion leader (KOL) menjadi hal yang kerap kali mempengaruhi keputusan dalam memilih produk kosmetik. Namun, di samping faktor-faktor tersebut, ada prioritas yang harus kita utamakan dalam memilih produk kosmetik, yaitu faktor keamanan suatu produk.

 

Bagaimana kita dapat yakin bahwa produk kosmetik yang kita gunakan benar-benar aman? Skinproof, perusahaan terkemuka dalam uji keamanan produk kosmetik, mengungkapkan beberapa poin penting yang menjadi indikator  keamanan produk kosmetik.

 

“Konsumen perlu terpapar informasi secara menyeluruh untuk dapat menyaring dan mencari tahu seberapa aman produk yang mereka gunakan,” ujar Head of Skinproof Theresia Sinandang baru-baru ini.

 

Ia menjelaskan untuk memastikan keamanan produk, label kosmetik harus mencakup beberapa informasi penting, termasuk identitas produk, daftar bahan atau ingredients, panduan penggunaan, peringatan atau tindakan pencegahan, serta nama atau lokasi manufaktur/distributor beserta nomor batch atau nomor identifikasi lainnya.

 

“Semua regulasi ini diatur oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” kata Theresia.

 

Ia menyampaikan dengan memiliki pemahaman yang baik mengenai keamanan produk, konsumen dapat lebih selektif dalam pemilihan produk kosmetik. Di sisi lain produsen atau pemilik brand dapat meningkatkan kredibilitas produk dan kepercayaan konsumen dengan menerapkan proses produksi kosmetik yang aman.

 

Sebagai anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang cosmetic testing dan consumer research, Skinproof telah membantu sejumlah merek kosmetik ternama dalam melakukan uji keamanan produk kosmetik baik uji kompabilitas (uji iritasi atau test patch) untuk memastikan tidak ada efek berbahaya saat pertama kali mengaplikasikan produk kosmetik pada kulit manusia, maupun uji penerimaan (uji organopeptik atau uji analisis sensori) untuk memastikan produk kosmetik memenuhi harapan saat digunakan.

 

Untuk mendukung pengujian-pengujian tersebut, Skinproof memiliki panel volunteer yang sudah bersedia mengikuti rangkaian pengujian produk di Skinproof, dengan beberapa prosedur dasar. “Pengujian pada volunteer hanya boleh dilakukan untuk memastikan produk perawatan kulit tidak merusak kulit, dan harus diawasi oleh pakar seperti dermatolog. Keselamatan volunteer menjadi prioritas, dan mereka harus diinformasikan tentang potensi risiko selama proses pengujian. Selain itu, volunteer dengan alergi tidak boleh diikutsertakan, dan laporan pengujian harus menyajikan informasi lengkap dari hasil pengujian untuk memastikan keakuratan hasil,” ujar Theresia terkait prosedur dasar pengujian produk.

“Skinproof memahami pentingnya keamanan produk kosmetik dan siap membantu pemilik merek dalam memastikan kepatuhan dengan standar keamanan produk. Di Skinproof kami percaya setiap orang berhak mendapatkan produk kosmetik yang baik dan aman,” tutup Theresia.

Tentang Skinproof

Skinproof merupakan anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen. Berdiri sejak 2017, Skinproof telah melayani berbagai perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi. Didukung oleh tenaga ahli di bidangnya, tenaga ahli di bidangnya, dan lebih dari 8.000 panelis di kota-kota besar di Indonesia, Skinproof terus berupaya untuk menginovasi dan memberikan solusi dalam pengembangan produk kosmetik, memberikan dukungan holistik kepada klien Skinproof, dan mengedukasi konsumen mengenai keamanan dan efektifitas produk secara netral dan independen. Lebih lanjut: www.skinproof.co.id

 

Tentang Arya Noble

Arya Noble adalah perusahaan holding strategis investasi yang berbasis di Indonesia dan terus memperluas jangkauan ke seluruh Asia. Dengan berperan sebagai inkubator dan akselerator bisnis yang aktif dan gesit, Arya Noble telah membentuk grup perusahaan di bidang kecantikan, perawatan pribadi, kuliner, dan industri menjanjikan lainnya, dengan portofolio yang mencakup merek-merek pemenang penghargaan seperti ERHA, Marco, Genero, DermaXp, Dermies, Skinproof dan Nouria. Lebih lanjut: www.aryanoble.co.id. (Ita)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.