Rabu, 27 Oktober 21

Sekjen Ormas Tommy: Pemerintah Durhaka Pada Pak Harto

Sekjen Ormas Tommy: Pemerintah Durhaka Pada Pak Harto

Jakarta, Obsessionnews –  Kekecewaan menyelinap di hati para pendukung Presiden kedua Indonesia Soeharto yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan (ormas) Himpunan Masyarakat  Peduli Indonesia (HMPI). Pasalnya, pemerintah tidak menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada almarhum Soeharto. (Baca: Soeharto Gagal Rebut Gelar Pahlawan Nasional)

HMPI merupakan ormas yang didirikan Hutomo Mandala Putra, atau yang populer dengan nama Tommy  Soeharto. HMPI yang mengusulkan agar  Soeharto diberi gelar pahlawan nasional.

Namun, entah karena alasan apa, usulan tersebut ditolak. Soeharto gagal menyabet  gelar pahlawan nasional. Namanya tidak masuk dalam lima tokoh yang diberi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di   Istana Negara, Kamis (5/11/2015). (Baca: Soeharto Layak Jadi Pahlawan Nasional)

Adapun lima tokoh tersebut adalah Bernard Wilhem Lapian (alm), Mas Iman (alm), Komjen Pol Moehammad Jasin (alm), I Gusti Ngurah Made Agung (alm) dan Ki Bagus Hadikusumo (alm). Mereka dikukuhkan sebagai pahlawan nasional lewat Keputusan Presiden (Keppres) 116/TK Tahun 2015. Semua plakat tanda jasa dan penghargaan gelar pahlawan nasional diberikan oleh Presiden Jokowi kepada para ahli waris.

Obsessionnews.com telah mencoba menghubungi Tommy melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) HMPI Tri Joko Susilo untuk dimintai komentarnya tentang gagalnya Soeharto mendapat gagal pahlawan nasional. Namun, Tommy belum memberikan jawaban. (Baca: SHR Kecewa Soeharto Tak Diberi Gelar Pahlawan)

Sekjen HMPI yang akrab dipanggil  Joko dengan emosi mengatakan, pemerintah durhaka pada Pak Harto karena tidak memberikan gelar pahlawan nasional.

Joko menyayangkan para pendukung  Soeharto yang kini dekat dengan Jokowi, tidak ikut memperjuangkan Soeharto mendapat gelar pahlawan nasional. Salah seorang di antaranya adalah mantan ajudan Soeharto yang pernah menjadi Panglima ABRI.

“Apa  Jokowi  dan presiden-presiden sebelum  Jokowi takut memberi gelar pahlawan ke Pak Harto karena mereka akan kalah populer dengan Pak Harto?  Masyarakat  jadi  ingat  kalau  Pak Harto lebih baik daripada  presiden-presiden sebelumnya,”  kata Joko ketika dihubungi Obsessionnews.com Kamis (5/11) malam.

Sebelumnya di era Presiden SBY, Soeharto juga tidak berhasil memperoleh gelar pahlawan nasional.  (Arif RH)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.