Sabtu, 27 April 24

RS Djamil Padang Berhasil Transplantasi Ginjal Pertama

RS Djamil Padang Berhasil Transplantasi Ginjal Pertama

Padang, Obsessionnews – Pasangan suami isteri Dwi Widyawati Renita Putri (42th) dan Asri Rostian (49 th) berhasil dengan selamat setelah menjalani transplantasi ginjal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Transplantasi ginjal warga Bandar Buat Kota Padang itu, diberikan oleh sang isteri kepada sang suami. Setelah menjalani operasi selama tujuh jam, operasi berjalan lancar dan baik serta kedua pasangan suami isteri itu dalam keadaan baik-baik.

Direktur Utama RSUP M Djamil Padang Irayanti mengatakan, transplantasi ginjal yang dilaksanakan di RSUP M Djamil Padang adalah yang pertama dilakukan dan pertama di rumah sakit di luar pulau jawa. Keberhasilan operasi dilakukan oleh 20 tim dokter dari RSUP M Djamil Padang bersama RSCM Jakarta. Operasi dilakukan dari pukul 08:00 WIB sampai 15:00 WIB.

“Operasi itu secara umum sangat menggembirakan kita. Keberhasilan menjadi luar biasa dan darah baru bagi manajemen rumah sakit,” kata Irayanti kepada wartawan Senin (20/4).

RS Djamil

Irayanti mengatakan, operasi itu sebagai salah satu pengembangan rumah sakit, apalagi selama ini Riau, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Urata bagian Selatan sudah menjadikan RSUP M Djamil Padang sebagai salah satu rumah sakit rujukan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Transplantasi ginjal Syaiful Asmi mengatakan selama operasi berlangsung, tidak ada kendala yang dihadapi tim, karena sudah dipersiapkan sebelumnya.

“Sebelum operasi dilakukan hari ini, persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Persiapan tim dilakukan sejak tiga bulan yang lalu,” kata Syaiful.

Sementara itu, salah seorang tim dokter Hanafi mengatakan, transpalansi hati seorang isteri kepada suami merupakan hal yang sangat spesifik, apalagi golongan darah keduanya berbeda. Pasien yaitu isteri ber golongan darah A sedangkan suaminya ber golongan darah AB.

“Kondisi ini langka dan beberapa negara jarang terjadi,” kata Hanafi. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.