Selasa, 30 April 24

Raih Predikat IKPA Terbaik, Kemenkumham DKI Jakarta Konsisten Tingkatkan Akuntabilitas Anggaran

Raih Predikat IKPA Terbaik, Kemenkumham DKI Jakarta Konsisten Tingkatkan Akuntabilitas Anggaran
* Kemenkumham DKI Jakarta Raih Predikat IKPA Terbaik Tahun Anggaran 2022. (Foto: Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)

Obsessionnews.com – Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) merupakan tolak ukur kinerja suatu instansi/lembaga pemerintah/negara dalam pelaksanaan anggaran. IKPA merupakan alat ukur untuk menentukan kualitas tingkat kinerja dari sisi kesesuaian, perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi.

Dimana suatu instansi dikatakan baik dalam melaksanakan anggaran apabila memiliki nilai IKPA yang tinggi, begitu pula kalau nilai IKPA rendah maka instansi tersebut belum baik dalam pelaksanaan anggarannya.

Untuk itu, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta V mengadakan kegiatan Executive Briefing dengan Satuan Kerja mitranya, salah satunya adalah Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Acara ini juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan Anugerah Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022, Selasa (7/3), di Auditorium Kementerian Pertanian.

Hal ini merupakan untuk mewujudkan penerapan kebijakan IKPA Tahun 2023 dengan belanja pemerintah yang lebih berkualitas (spending better), serta dalam rangka memberikan apresiasi terhadap mitra yang kinerja pelaksanaan anggaran terbaik periode Tahun 2022.

Kegiatan ini juga membahas langkah-langkah strategis peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran Tahun 2023 yang akan dilaksanakan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja khususnya efisiensi pelaksanaan anggaran Tahun 2023,” kata Yovi Chandra, selalu Kepala KPPN Jakarta V.

Selaras dengan hal itu, Kepala Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan DKI Jakarta, Alfiker Siringoringo yang sebagai Keynote Spech dalam acara itu menyampaikan Instansi yang sukses itu pasti bagus dalam pengelolaan anggarannya.

“Kalau kita sukses mengelola keuangan dengan bagus dan terpercaya, maka hal-hal yang baik pasti akan mengikuti,” tuturnya.

Sebagai Instansi yang mengedepankan kinerja yang akuntabel dan mengutamakan pelayanan publik yang prima dengan kinerja pelaksanaan anggaran yang semakin PASTI dan BerAkhlak, 9 Satuan Kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta berhasil meraih predikat terbaik, termasuk penghargaan sebagai Satuan Kerja lingkup KPPN Jakarta V Pagu Kecil dengan nilai IKPA Terbaik ke- 5 Tahun Anggaran 2022 yang diberikan oleh Kepala KPPN Jakarta V.

Satuan Kerja itu adalah Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan, Lapas Kelas I Cipinang, Bapas Kelas I Jakarta Timur Utara, Bapas Kelas I Jakarta Selatan, Lapas Kelas IIA Narkotika Jakarta, Rutan Kelas I Cipinang, dan Rutan Kelas I Salemba.

Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta yang telah berupaya memaksimalkan kinerja. Hal ini ditandai dengan penyerapan anggaran secara maksimal.

“Kinerja yang terstruktur dan terukur menandakan tingkat kepatuhan akan tanggung jawab dalam melayani masyarakat,” ujar Ibnu. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.