Jumat, 26 April 24

Promosi Doktor di UIN Syarif Hidayatullah, Wamenag: Ruang Publik Digital Berakibat pada Demokratisasi dan Fragmentasi, Sekaligus Pertajam Kontestasi

Promosi Doktor di UIN Syarif Hidayatullah, Wamenag: Ruang Publik Digital Berakibat pada Demokratisasi dan Fragmentasi, Sekaligus Pertajam Kontestasi
* Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi. (Foto: Humas Kemenag

Zainut juga menemukan gerakan Islamis ini berangkat dari pandangan akar keterpurukan umat Islam Indonesia bersumber dari penerapan ideologi sekuler Barat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu solusi yang ditawarkan untuk mengatasi problematika tersebut adalah penegakan ideologi Islam dan penerapan syariah Islam secara komprehensif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pembingkaian wacana ideologi politik alternatif yang dikonstruksi oleh HTI dan FPI ini menunjukkan bahwa gerakan Islamis menggunakan bingkai identitas sebagai bingkai utama dalam memformulasikan masalah dan solusi umat Islam Indonesia,” ujarnya.

Dalam rangka mempropagandakan wacana ideologi politik alternatif tersebut, gerakan Islamis menggunakan internet dan media sosial secara kreatif dan produktif sebagai perangkat penjembatan bingkai dan perluasan bingkai. Namun, sebut Zainut, bingkai aksi kolektif yang disodorkan oleh gerakan Islamis harus berhadapan dengan bingkai aksi tandingan yang disodorkan oleh organisasi Islam arus utama seperti NU dan Muhammadiyah.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.