Senin, 18 Oktober 21

Promosi Doktor di UIN Syarif Hidayatullah, Wamenag: Ruang Publik Digital Berakibat pada Demokratisasi dan Fragmentasi, Sekaligus Pertajam Kontestasi

Promosi Doktor di UIN Syarif Hidayatullah, Wamenag: Ruang Publik Digital Berakibat pada Demokratisasi dan Fragmentasi, Sekaligus Pertajam Kontestasi
* Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi. (Foto: Humas Kemenag

Jakarta, obsessionnews.com – Perkembangan teknologi informasi telah menciptakan ruang publik digital bagi warga bangsa. Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, kehadiran ruang publik digital ini telah berdampak dalam kehidupan bernegara, termasuk dalam proses demokratisasi  dan kontestasi ideology politik gerakan Islam di Indonesia.

“Kemunculan ruang publik digital telah mengakibatkan demokratisasi dan fragmentasi otoritas keagamaan serta mempertajam kontestasi dan polarisasi ideologis antara gerakan Islamis dan organisasi Islam arus utama di Indonesia,” tegas Wamenag saat menyampaikan kesimpulan disertasinya dalam sidang promosi doktor di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, yang digelar secara virtual, Kamis (5/8/2021).

Disertasi Wamenag membahas tentang Kontestasi Ideologi Politik Gerakan Islam Indonesia di Ruang Publik Digital. Dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menganalisis data hasil studi kepustakaan dan dokumentasi yang dihimpun dari website dan media sosial gerakan Islam yang menjadi objek kajian, yakni Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Front Pembela Islam (FPI), NU, dan Muhammadiyah.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.