Jumat, 29 Oktober 21

Presiden Uruguay Dilantik Pakai Mobil Tua

Presiden Uruguay Dilantik Pakai Mobil Tua

Montevideo – Presiden baru Uruguay, Tabare Vazquez, mengikuti jejak pendahulunya dengan memakai mobil lama, Fordson buatan 1951, ketika menghadiri acara pelantikannya, hari Minggu (1/3). Dengan mobil itu pula ia diarak keliling kota Montevideo.

Belum diketahui bagaimana Vazquez mendapatkan mobil tua ini. Beberapa media memberitakan bahwa mobil ini pernah ia miliki saat muda dulu, ketika masih menekuni pekerjaan sebagai dokter muda.

Beberapa kawannya mencari dan menemukan kendaraan ini, yang kemudian diberikan kepadanya di hari pelantikan sebagai hadiah. Laporan lain menyebutkan Vazquez membeli mobil ini beberapa tahun lalu.

Presiden lama, Jose Mujica, hadir di acara pelantikan Vazquez dengan mobil ‘kesayangannya’: VW Beetle warna biru muda buatan tahun 1987.

Jose Mujica sering memakai mobil VW Beetle buatan tahun 1987. (bbc.co.uk)
Jose Mujica sering memakai mobil VW Beetle buatan tahun 1987. (bbc.co.uk)

Mujica, seorang bekas pemberontak, mendapat julukan presiden ‘termiskin di dunia’ karena gaya hidupnya yang sangat sederhana.

Selain sering menggunakan mobil tua, Mujica juga lebih memilih tinggal di rumah pertanian di pinggiran Montevideo ketimbang di istana kepresidenan.

Berita bahwa ia sering ke mana-mana dengan mobil tua membuat seorang syeikh Arab menawar mobil tersebut seharga US$1 juta.

Tawaran ini ‘ia tolak’ dengan alasan mobil ini ia perlukan untuk mengangkut anjingnya, Manuela, yang hanya punya tiga kaki. (BBC Indonesia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.