Senin, 29 April 24

Poros Buruh Jatim Teriakkan Pasangan AMIN Menang 1 Putaran

Poros Buruh Jatim Teriakkan Pasangan AMIN Menang 1 Putaran
* Deklarasi Poros Buruh untuk Perubahan di Jawa Timur di Sidoarjo, Rabu (13/12/2023). (ist)

Obsessionnews.com – Dalam Pilpres 2024 ini, tampaknya kaum buruh tidak ingin menyia-nyiakan demi perubahan nasibnya. Sejak pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) berkuasa bisa dibilang dimulainya malapetaka bagi kaum buruh Indonesia. Karena itu teriakan menang 1 putaran menjadi yel-yel “Poros Buruh untuk Perubahan Jawa Timur” dideklarasikan di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) pada Rabu (13/12/2023).

 

Menurut Muadji, Koordinator Poros Buruh Jatim, sejak tahun 2015 dengan lahirnya PP 78 tentang Pengupahan telah memberangus hak berunding kaum buruh dalam penentuan upah. Begitu juga dengan peraturan lainnya seperti yang lebih membebaskan TKA khususnya dari China yang mengambil hak bekerja pekerja lokal hinggga UU Omnibuslaw Cipta Kerja yang mengamputasi hak-hak buruh utamanya dalam keamanan mendapat pekerjaan dan hak mendapatkan upah layak bagi kemanusiaan. Karena itu buruh di Jatim sungguh-sungguh ingin perubahan.

 

Dalam kesempatan itu, Co-Captain TIMNAS AMIN (pasangan Anies-Muhaimin), Jumhur Hidayat, hadir menerima secara resmi dukungan dari Poros Buruh Untuk Perubahan di Jawa Timur yang, diserahkan langsung oleh Koordinatornya sesaat setelah pembacaan deklarasi.

 

Deklarasi Poros Buruh ini dihadiri oleh perwakilan pimpinan buruh dari berbagai kabupaten di antaranya dari Sidoarjo, Surabaya Gresik, Mojokerto, Jombang, Pasuruan, Malang, Jember dan Lamongan. Mereka berasal dari SPN, FSP LEM, FSP PAREKRAF, GSBI, PPMI, SBSI’92 dan KSPSI.

 

Sebelumnya, saaat deklarasi Poros Buruh Provinsi Riau di Kota Pekanbaru, Riau pada Minggu (10/12/2023), Jumhur Hidayat menegaskan, hanya kecurangan yang mampu mengalahkan AMIN itulah semangat Poros Buruh untuk kemenangan AMIN menjadi Presiden-Wakil Presiden 2024-2029 mendatang.

 

Menurut Jumhur Hidayat deklarasi Poros Buruh telah dilakukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia yang pada intinya kaum buruh dipinggirkan oleh bernagai peraturan yang tidak berpihak pada buruh khususnya UU Omnibuslaw Cipta Kerja. “Karena itu maka kita berkomitmen tidak ingin lagi pemerintah seperti ini berlanjut, kami inginkan perubahan untuk kesejahteraan para buruh,” tandas Jumhur.

 

Ketua Umum KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) ini optimis dengan kekompakan dan kesolidan para buruh maka tentunya perubahan pasti akan terwujud. Menurutnya, untuk pendeklarasian Poros Buruh telah dilakukan di berbagai wilayah, yakni di Bangka Belitung, Jambi, Bogor, Jakarta, Medan, Semarang, dan kini Jatim. “Intinya kita akan terus sosialisasikan kabar perubahan ini kepada semua buruh di Imdonesia hingga saat pencoblosan tanggal 14 Februari 2024 nanti,” jelas Jumhur. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.