Rabu, 24 April 24

Pertama di Dunia, Ubud Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Gastronomi

Pertama di Dunia, Ubud Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Gastronomi
* Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Foto: Kemenpar)

Jakarta, Obsessionnews.com –  Ubud di Kabupaten Gianyar, Bali, akan ditetapkan sebagai destinasi wisata gastronomi dunia sesuai standar dan sertifikasi yang dikeluarkan dari United Nation World Tourism Organization (UNWTO).

Menteri Pariwisata Arief Yahya  dalam jumpa pers di Jakarta mengatakan, penetapan Ubud ini akan menjadi contoh bagi destinasi lainnya di Indonesia.

“Secara holistik penetapan dan penilaian Ubud sebagai destinasi gastronomi merupakan yang pertama di dunia. Dan ini menjadi contoh untuk daerah lainnya seperti Bandung dan Joglosemar,” tutur Arief.

 

Baca juga:

Ubud Jadi Destinasi Kuliner Pertama yang Akan Dibranding UNWTO

Bali Destinasi Favorit Wisman Asal Vietnam

Kemenpar – Vietjet Air Joint Promotion Datangkan Wisman ke Bali

 

Ia  juga menjelaskan, terdapat tiga tahapan penting dalam proses mengangkat Ubud menjadi destinasi gastronomi dunia. Pertama, melakukan inventarisasi aset dan atraksi gastronomi termasuk memetakan kesiapan industri dan pelaku usaha yang kemudian dibukukan dalam sebuah laporan dan diajukan ke UNWTO.

“Tahapan ini sudah dilalui, memang prosesnya panjang sekitar 1,5 tahun dan sudah menjadi buku,” ujarnya.

Kedua, lanjut Arief, penilaian oleh UNWTO dan dilakukan mulai proses verifikasi dan analisis melalui metode yang cukup detail termasuk 600 wawancara kepada semua stakeholders gastronomi, food and beverages, produsen, hotel, restoran, chefs, inisiator food festival, pemerintah daerah, penyedia transportasi, akademisi, dan wisatawan lokal juga asing.

“Proses di lapangan akan berlangsung delapan hari di Ubud, Gianyar, dan sekitarnya, sedangkan questionares akan dilakukan online dan offline selama tiga minggu. Pada tahap ini juga dilakukan perencanaan dan strategi rekomendasi,” tandas Arief.

Ketiga, rekomendasi yang perlu diterapkan dan dilakukan oleh stakeholders untuk kemudian dilakukan penilaian kedua yang dijadwalkan awal Agustus 2019.

 

Baca juga:

PLTA Rajamandala Siap Pasok Listrik ke Sistem Jawa-Bali

Bali Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Selancar Dunia

Arief Yahya Ajak Kaum Milenial Ikuti Lomba Foto Pesona Mudik 2019

 

Baca halaman berikutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.