Minggu, 5 Mei 24

Pergantian Ketua DPR Ade Komarudin Segera Diproses

Pergantian Ketua DPR Ade Komarudin Segera Diproses

Jakarta, Obsessionnews.com – Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan, pihaknya sedang menunggu surat pergantian Ketua DPR Ade Komarudin dari DPP Partai Golkar. Bila, sudah diterima, surat tersebut segera diproses secepatnya.

“Ada di MD3 (UU MPR, DPR, DPRD, dan DPD), tentu Fraksi setelah mendapatkan surat dari DPP, Fraksi akan mengagendakan untuk mengirimkan surat ke pimpinan dan pimpinan akan mengagendakan, seperti yang ada di tata tertib MD3,” kata Azis di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, (22/11/2016).

Berdasarkan rapat pleno Partai Golkar kemarin, diputuskan bahwa posisi Ketua DPR akan dikembalikan lagi ke tangan Setya Novanto selaku Ketua Umum Golkar.

‎Anggota Komisi III DPR ini menjelaskan, alasan dari DPP adalah salah satunya karena keputusan Mahkamah Konstitusi yang memenangkan gugatan Novanto beberapa waktu lalu. Dimana nama baiknya harus dipulihkan pasca kasus “papa minta saham”

“Salah satunya keputusan MK. Apa yang menjadi alasan dasar partai, Pak Novanto ini kan Ketua Umum, adalah lambang partai, figur partai untuk mengembalikan nama baik,” ujar Azis.

Novanto sebelumnya mundur sebagai Ketua DPR setelah ‎terlibat skandal kasus “papa minta saham” namun, belakangan Mahkamah Kehormatan Dewan mengabulkan permohonan Novanto untuk mengembalikan nama baiknya merujuk pada putusan MK. .

“Ini keputusan pleno, nanti apakah Pak Novanto bersedia atau tidak dikembalikan ke Pak Novanto. Tapi berdasarkan pleno, Partai Golkar sudah memutuskan,” katanya.

Upaya mengembalikan posisi Novanto ke kursi nomor satu di DPR disampaikan Ketua Bidang Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Yorrys Raweyai, menyusul dikabulkannya gugatan Setya Novanto di Mahkamah Konstitusi beberapa waktu lalu.

“Kasus ini soal wibawa partai saja. Nah, apakah kami kembalikan posisi Setya Novanto (ke ketua DPR) seperti semula atau bagaimana. Wacana itu berkembang kemudian,” kata Yorrys ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin, 21 November 2016.

Menurut Yorrys, rapat di DPP telah sepakat untuk mewacanakan hal ini. Partai kemudian menugaskan Fraksi Partai Golkar di DPR untuk melakukan pembicaraan dengan pimpinan DPR dan pimpinan Fraksi lainnya.

“Kemudian kami menugaskan kepada fraksi di DPR untuk melakukan pembicaraan dengan pimpinan,” ucap Yorrys.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.