Selasa, 25 Januari 22

Perbankan Yunani Dibuka, Penghapusan Utang Ditolak

Perbankan Yunani Dibuka, Penghapusan Utang Ditolak

Jakarta, Obsessionnews – Hari ini, Senin (20/7), perbankan Yunani dibuka kembali setelah selama tiga minggu berhenti beroperasi akibat krisis yang dipicu menggunungnya utang.

Mulai hari ini juga, penjatahan penarikan uang yang tadinya dibatasi sebesar 60 euro perhari, menjadi 420 euro. Meski perbankan beroperasi, kegiatan transfer dana menuju bank asing dan pencairan cek akan tetap diblokir. Tujuannya, agar tak ada aksi pengosongan rekening secara besar-besaran

Usulan penghapusan hutang yang dilontarkan pemerintah Yunani disambut baik International Monetary Fund (IMF). Sebab dana moneter dunia beranggapan hutang yang sudah mencapai 4 ribu triliyun rupiah lebih tersebut sangat tak bisa ditopang. Makanya pemutihan diperlukan.

Kanselir Jerman Angela Merkel bilang, pihaknya akan menyambut baik negosiasi dengan pemerintah Yunani soal penurunan tingkat bunga serta perpanjangan jatuh tempo hutang yang sudah mencapai 320 milyar euro. Namun, usulan penghapusan hutang tetap ditolak.

Dalam diskusinya dengan stasiun ARD, Merkel bilang negosiasi akan disambut baik. Namun penghapusan hutang tak akan pernah terjadi.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.