Selasa, 19 Oktober 21

Jerman Buka Negosiasi, Hollande Minta Dibentuk Pemerintahan Zona Euro

Jerman Buka Negosiasi, Hollande Minta Dibentuk Pemerintahan Zona Euro

Jakarta, Obsessionnews – Penambahan konsesi utang terhadap Yunani masih dipertimbangkan. Dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi ARds, Kanselir Jerman Angela Merkel bilang, pihaknya terbuka bagi pembicaraan penurunan tingkat bunga serta perpanjangan jatuh tempo.

Namun, hal ini hanya bisa terjadi jika rincian penyelamatan terbaru disepakati. Sementara usulan penghapusan utang seperti yang dilontarkan Yunani serta International Monetary Fund (IMF) tetap ditolak.

Dibalik itu, Presiden Perancis Francois Hollande mendesak agar segera dibentuk pemerintahan zona euro. Sebenarnya, desakan Hollande itu merupakan usul dari Jacques Delors, pemimpin Komisi Eropa yang menginginkan adanya anggaran khusus di samping parlemen guna melakukan pengawasan demokratis di zona euro.

Hollande berpendapat, ancaman runtuhnya ekonomi tidak datang dari kebutuhan yang berlebihan. Namun ketidakcukupan dana untuk menutupnya.

Di Eropa, terdapat 19 negara yang menggunakan mata uang euro dan dianggap sebagai anggota tak resmi eurogroup. Perundingan yang dimulai awal bulan ini soal penyelamatan ketiga terhadap ekonomi Yunani menjadi rumit lantaran besarnya perbedaan pandangan di antara anggota zona euro.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.