Kamis, 6 Oktober 22

Penghilangan Pajak Berganda Dinanti Dunia Usaha

Penghilangan Pajak Berganda Dinanti Dunia Usaha

Jakarta, Obsessionnews – Penghilangan pajak berganda merupakan sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu karena akan menguntungkan dunia usaha. Penghilangan pajak berganda masuk sebagai salah satu item paket kebijakan ekonomi jilid V yang baru diluncurkan pemerintah.

“Ini juga banyak ditunggu-tunggu dan diminta diharapkan oleh dunia usaha,” ungkap Menko Perekonomian Darmin Nasution di kantor Presiden Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Istilah penghilangan pajak berganda, di Singapura ada yang namanya REIT (Real Estate Investment Trust), dan ada sejumlah perusahaan real estate di Indonesia yang memanfaatkan produk ini di Singapura, atau di negara lain.

Menurut Darmin, sebetulnya bukan hanya real estate, semua infrastruktur bisa walaupun namanya nanti dikaitkan dengan real estate, bahasa di Otoritas Jasa Keuangan-nya disebut dana investasi real estate (DIRE).

Menurut Menko Perekonomian beralasan kebijakan tersebut baru dikucurkan karena sejak dulu belum ada kesepahaman untuk membuat pengenaan pajaknya jangan berganda atau jangan double.

Darmin menjelaskan, untuk menjalankan produk ini antara pemilik real estate dengan investor itu harus dibuat kesepakatan bahwa yang namanya perusahaan sebetulnya dibuat bukan untuk melakukan kegiatan lain, hanya untuk menampung kegiatan ini saja.

“Kalau dulu karena ada dua langkah jadi double pajaknya, maka sekarang seperti di negara lain kemudian dibuat ini dianggap satu langkah sehingga pajak bergandanya hilang,” kata Damin.

Menurut Menko Perekonomian, apa yang dilakukan pemerintah itu adalah suatu upaya sekaligus untuk memperdalam pasar modal, kapitalisasi dari pasar modal Indonesia. Selain penghilangan pajak berganda, paket kebijakan ekonomi jilid V juga menyangkut revaluasi aset. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.