Minggu, 26 Mei 24

Para Sineas WHA dan IFFPIE Transfer Ilmu di Kemenpora

Para Sineas WHA dan IFFPIE Transfer Ilmu di Kemenpora

Jakarta, Obsessionnews – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengajak para sineas pemenang penghargaan World Humanitrian Award (WHA) dan International Film Festival for Peace, Inspiration and Equality (IFFPIE) serta International Film Competition Festival (IFCOM yang berasal dari seluruh penjuru dunia untuk mengajar di Kemenpora.

Dewan Kreatif Rakyat (DKR) bekerjasama dengan Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda pada Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora menggelar Diskusi Film Bersama Sineas Internasional tersebut, Selasa (22/9) siang di Wisma Teater Kemenpora, Jakarta.

Diskusi ini digelar untuk menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 yang dihadiri lima sineas internasional dan aktor Hollywood serta didampingi oleh sineas Indonesia Damien Demantra.

Lima sineas yakni, Christopher Lee (aktor dalam film The Last Tear), Robin Shou (sutradara Earth Bone), serta ada pula aktor dalam film Mortal Combat. Mereka berasal dari Bangkok, Kanada, Amerika, dan Mesir.

Para peserta diskusi adalah Badan Eksekutif Mahasiswa(BEM) Universitas Negeri Jakarta, BEM Nusantara, dan para alumni sinematografi di program peningkatan kreativitas pemuda. Selama ini Kemenpora telah menfasilitasi pemuda-pemudi untuk diberikan pelatihan tentang film.

Sementara Damien Dematra selaku founder dan director dari IFFPIE dalam rilis yang diterima Obsessionnews, Kamis (24/9/2015), berharap generasi muda dapat ‘mencuri’ ilmu dari para sineas international ini dan dapat menjadi sineas-sineas matang yang menyalurkan perdamaian lewat dunia kreatif. Ia juga berharap dengan diadakannya acara-acara ini nama Indonesia makin diharumkan di mata dunia.

Selain itu, Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Sriyono dalam diskusi berharap diskusi mampu melahirkan ide-ide kreatif. “Gagasan-gagasan besar mengenai perfilman dari para sineas dunia ini nantinya dapat ditularkan ke alumni sinematografi di Asdep Peningkatan Kreativitas Pemuda,” katanya.

Sebelumnya, Senin, 21 September 2015 di Planet Hollywood Cinema XXI telah diadakan acara puncak ketiga festival internasional tersebut. Di acara ini juga melakukan aksi galang dana untuk asap Sumatra. Aksi galang dana ini disambut dengan antusias oleh para peserta dan penonton yang hadir, termasuk aktor, aktris, sineas dan selebritis dunia yang hadir, di antaranya Robin Shou yang dikenal sebagai pemeran Liu Kang di Mortal Kombat I & II, bintang Star Trek dan Thor; Alice Krige, Sutradara Hollywood; Jason Cabell. Dalam waktu tidak sampai dari setengah jam, berhasil terkumpul donasi lebih dari Rp 6 juta rupiah serta ratusan dolar Amerika Serikat (AS), yang akan digunakan untuk membeli sekitar 10 ribu unit masker untuk korban kabut asap di Sumatera.

Festival-festival ini didukung sepenuhnya oleh Dewan Kreatif Rakyat (DKR), Relawan Internasional i-Hebat, Russian Culture Center, World Film Council, Film Festival Alliance, Cinema XXI, Yayasan Peduli Anak Indonesia (PENA) dan Radio Republik Indonesia sebagai media partner secara nasional maupun internasional. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.