Senin, 17 Juni 24

LaNyalla Ditantang Fadel Muhammad, Siapa Menang?

LaNyalla Ditantang Fadel Muhammad, Siapa Menang?
* AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: lanyallacenter.id)

Obsessionnews.com – Dua tokoh populer nasional, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dan Fadel Muhammad, memiliki karier politik yang cemerlang. Pada Pemilu 2019 LaNyalla dan Fadel terpilih untuk pertama kalinya sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI atau senator dari daerah pemilihan (dapil) berbeda.

 

Saat itu LaNyalla yang berlatar belakang pengusaha meraih tiket ke Senayan, julukan populer bagi Gedung MPR RI/DPR RI/DPD RI, melalui Dapil Jawa Timur (Jatim). LaNyalla juga terpilih sebagai Ketua DPD RI periode 2019-2024.

 

Fadel Muhammad. (Foto: mpr.go.id)

 

Sementara itu Fadel yang dua periode menjadi Gubernur Gorontalo (2001-2006 dan 2006-2009) terpilih sebagai anggota DPD RI dari Dapil Gorontalo. Tak hanya itu, Fadel pun terpilih menjadi Wakil Ketua MPR RI dari kelompok DPD RI.

 

Mendapat amanah sebagai wakil rakyat LaNyalla dan Fadel bekerja ekstra keras memperjuangkan aspirasi rakyat. Kerja keras mereka berbuah manis ketika mereka mencalonkan kembali sebagai anggota DPD pada Pemilu 2024. LaNyalla menjadi anggota senator terpilih periode 2024-2029 dari Dapil Jatim, sedangkan Fadel terpilih dari Dapil Gorontalo.

 

Di Dapil Jatim LaNyalla memperoleh 3.132.076 suara. Ia berada di urutan kedua. Sedangkan yang menduduki peringkat pertama adalah Ahmad Nawardi yang mendapat 3.281.105 suara. Sementara di posisi ketiga diduduki Lia Istifhama yang mendapat 2.739.123 suara, dan posisi keempat diduduki Kondang Kusumaning Ayu yang mendapat 2.542.036 suara.

Sementara itu di Dapil Gorontalo Fadel Muhammad meraih suara terbanyak, yakni 242.732 suara, diikuti Syarif Mbuinga (101.992 suara), Rahmijati Jahja (85.146 suara), dan Jasin U Dilo ( 63.904 suara).

 

Para anggota DPD RI terpilih akan dilantik pada 1 Oktober 2024. Di hari yang sama juga dilakukan pelantikan anggota DPR RI.

 

Menjelang pelantikan anggota DPD tersebut bursa perebutan Ketua DPD menjadi ramai. LaNyalla mendapat dukungan dari sejumlah anggota untuk memimpin kembali DPD.

 

Lima anggota DPD terpilih terang-terangan menyatakan dukungannya kepada LaNyalla. Mereka adalah Fahira Idris dari Dapil DKI Jakarta, Alfiansyah Bustami Komeng (Dapil Jawa Barat), Teungku Ahmada (Dapil Aceh), Muhammad Hidayattollah (Dapil Kalimantan Selatan), dan Syarif Melvin Alkadrie (Dapil Kalimantan Barat).

 

Fahira Idris.(Dok. pribadi Fahira Idris)

 

Alfiansyah Bustami Komeng. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww/am)

 

Teungku Ahmada. (Tangkapan layar)

 

Muhammad Hidayattollah. (Tangkapan layar)

 

Syarif Melvin Alkadrie. (Tangkapan layar)

 

Pada periode lalu Fahira menjadi tim sukses (timses) LaNyalla. Dan kali ini ia kembali memberikan dukungan pada LaNyalla.

 

“Insya Allah dengan kekuatan doa dan ikhtiar dan kekompakan kita bersama memenangkan kembali Bapak AA LaNyalla Mahmud Mattalitti jadi ketua DPD RI periode 2024–2029. Semangat,” kata Fahira.

 

Pelawak Alfiansyah Bustami Komeng yang populer dengan nama Komeng mengungkapkan, dari lubuk hatinya yang paling dalam ia ikhlas memilih LaNyalla sebagai Ketua DPD periode 2024-2029 karena memiliki program jelas dan gigih memperjuangkan kembali ke UUD 1945.

 

“Beberapa orang bilang Pak LaNyalla tidak direstui oleh presiden terpilih Pak Prabowo. Banyak video Pak LaNyalla dan keluarga pernah berkunjung ke rumah Pak Prabowo waktu halalbihalal dan diterima. Tapi calon lain ada yang nggak ketemu ngaku ketemu. Pokoknya saya mendukung Pak LaNyalla lanjut menjadi Ketua DPD R.I Semoga Allah meridoi,” ujar Komeng.

 

Dukungan untuk LaNyalla juga disampaikan Teungku Ahmada. “Saya mendukung dan memilih Bapak AA LaNyalla Mahmud Mattalitti sebagai Ketua DPD RI periode 2024-2029,” tutur Ahmada.

 

Hal senada juga diungkapkan senator muda terpilih Muhammad Hidayattollah. “Kami bertekad untuk memenangkan Kanda LaNyalla sebagai calon terkuat ketua DPD RI selanjutnya Dengan kekuatan anak muda, kekuatan dari gotong royong, kekuatan dari kolaborasi ini mudah-mudahan mengantarkan Kanda LaNyalla untuk melanjutkan kepemimpinannya di periode mendatang,” tuturnya.

 

Keinginan agar LaNyalla melanjutkan memimpin lagi DPD juga disampaikan Syarif Melvin Alkadrie. “Saya mendukung Bapak AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menjadi Ketua DPD RI periode 2024-2029. Lanjutkan!” ucapnya.

LaNyalla ditantang Fadel Muhammad untuk berkompetisi memperebutkan kursi Ketua DPD. Lalu bagaimana peluang Fadel untuk menjadi Ketua DPD? Fadel mengklaim mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya sudah menyampaikan ke Pak Jokowi. Pak Jokowi mengatakan, yang bagus memimpin DPD itu orang yang sudah berpengalaman di pemerintah daerah. Saya dua kali jadi Gubernur Gotontalo,” kata Fadel dikutip obsessionnews.com dari media sosial TikTok, Jumat (24/5/2024).

Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2009-2011 ini menerangkan ia telah mempersiapkan timses untuk perebutan Ketua DPD.

Siapakah nanti yang akan menang dalam duel LaNyalla vs Fadel? (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.