Kamis, 1 Desember 22

OMI Luncurkan CS Teneo Untuk Perawatan Jaringan Internet Bawah Laut

OMI Luncurkan CS Teneo Untuk Perawatan Jaringan Internet Bawah Laut
* Kapal khusus perawatan jaringan internet bawah laut pertama di Indonesia, yakni CS Teneo. (Foto: Dok OMI)

Jakarta, Obsessionnews.com – PT Optic Marine Indonesia (OMI) kembali memberikan inovasi terbarunya dengan meluncurkan kapal khusus perawatan jaringan internet bawah laut pertama di Indonesia, yakni CS Teneo.

Hadirnya CS Teneo ini merupakan bagian dari komitmen OMI sebagai perusahaan tanah air yang terus mendukung program pemerintah berupa investasi dalam pembangunan jaringan domestik.

Fungsi utama CS Teneo ini untuk perawatan jaringan internet dan perbaikan kabel bawah laut untuk keberlangsungan pembangunan infrastruktur maritim di Indonesia, karena posisi geografisnya yang berada di pertemuan tiga lempeng utama di dunia, mulai dari Eurasia, Indoaustralia dan Pasifik yang juga menjadikannya wilayah riskan terhadap bencana.

Salah satu bencana paling berpotensi adalah gempa bumi yang dapat memicu kerusakan jaringan kabel bawah laut.

Melihat adanya risiko tersebut, maka OMI berupaya memberikan kontribusinya untuk melakukan pemulihan layanan telekomunikasi secara efektif dan efisien melalui kapal CS Teneo.

Komisaris PT Optic Marine Indonesia Isfan Fajar Satryo mengatakan, kehadiran kapal CS Teneo ini dikhususkan untuk perawatan dan perbaikan di perairan Indonesia.

Jarak perairan antar pulau di Indonesia yang cenderung pendek membutuhkan kapal yang lebih gesit untuk lebih efisien dalam pemeliharaan maritimnya.

Selain itu, potensi gempa bumi di wilayah Indonesia juga menjadi salah satu faktor yang bisa menimbulkan kerusakan pada jaringan kabel bawah laut yang berujung pada keberlangsungan layanan telekomunikasi di wilayah yang terkena dampak.

“CS Teneo akan membantu dalam merestrukturasi kerusakan tersebut sehingga keberlangsungan maritim di Indonesia masih dapat terjaga dengan baik,” ujar Isfan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/6/2019).

Sebab, kapal CS Teneo mampu berlayar 60 hari ini sekaligus menunjukkan kelengkapan armada yang dimiliki oleh Optic Marine dengan berbagai solusi mulai dari Mainlay CS Ile De Re, tug boat, cable barge dan pemeliharaan serta perbaikan jaringan kabel bawah laut.

“Peresmian peluncuran kapal CS Teneo sendiri sudah diresmikan pada tengah April 2019 yang lalu,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.