Selasa, 24 September 19

Dua Kali Menang Pilpres, Jokowi Menyamai Prestasi SBY

Dua Kali Menang Pilpres, Jokowi Menyamai Prestasi SBY
* Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin menyampaikan pidato kemenangannya di Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). (Foto: Edwin B/OMG)

Jakarta, Obsessionnews.comJoko Widodo (Jokowi) meraih prestasi mentereng di dunia politik. Ia pertama kali terpilih sebagai Presiden RI pada Pilpres 2014. Saat itu Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK) mengalahkan duet Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Kemudian pada Pilpres 2019 Jokowi maju lagi sebagai calon presiden (capres). Kali ini ia menggandeng Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres). Pada Pilpres 2019 Jokowi-Ma’ruf berhadapan dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jokowi-Ma’ruf bernomor urut 01, sedangkan Prabowo bernomor urut 02.

 

Baca juga:

Megawati Ucapkan Selamat Buat Jokowi-Ma’ruf Amin

Jokowi Sebut Putusan MK Bersifat Final yang Harus Dihormati

Acara Halal Bihalal Bareng Jokowi, Relawan Srikandi Keren BSD City Ajak Masyarakat Bersatu

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil Pilpres pada Selasa (21/5/2019) dini hari. Jokowi-Ma’ruf memenangkan pesta demokrasi itu dengan meraih 85.607.362 suara atau 55,5 persen, sementara Prabowo-Sandi memperoleh 68.650.239 suara atau 44,5 persen.

Namun, hasil tersebut tidak memuaskan Prabowo-Sandi. Mereka menggugat hasil Pilpres itu ke Mahkamah Konstitusi. Sayangnya, upaya Prabowo-Sandi tidak berbuah manis. MK dalam putusannya menolak seluruh permohonan gugatan yang diajukan Prabowo-Sandiaga melalui tim hukumnya.

“Mengadili, menyatakan, dalam eksepsi menolak eksepsi termohon dan pihak terkait untuk seluruhnya. Dalam pokok permohonan: menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya,” ujar Ketua MK Anwar Usman membacakan amar putusan dalam sidang gugatan hasil Pilpres di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019) malam.

Putusan ini sekaligus menguatkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Prestasi Jokowi terpilih untuk kedua kalinya sebagai Presiden menyamai prestasi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada Pilpres 2004, yang merupakan pemilihan presiden dan wakil presiden yang pertama kali langsung dipilih oleh rakyat, SBY terpilih menjadi Pesiden RI periode 2004-2009. Saat itu SBY berpasangan dengan JK. Kemudian SBY kembali menduduki kursi RI-1 pada Pilpres 2009 untuk periode 2009-2014. Kala itu SBY berduet dengan Boediono.

 

Halaman Selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.