Selasa, 30 April 24

Naskah Kuno Abd 16 Ditransliterasi Museum Sribaduga

Naskah Kuno Abd 16 Ditransliterasi Museum Sribaduga

Bandung, Obsessionnews – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  melalui Museum Negeri Sribaduga jabar sampai hari ini berhasil mentransliterasi naskah 110 naskah Islam Kuno Abad ke-16 dari total naskah sebanyak 156 naskah.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Perlindungan Museum Negeri Sribaduga Bandung  Nita Julianita, Selasa (29/9). “Hari ini kami sekaligus membedah hasil naskah kuno Islam ke para pelajar, mahasiswa dan umum,” ujar Nita.

Anak TK Kunjungi Museum Sribaduga
Anak TK Kunjungi Museum Sribaduga

Naskah kuno tersebut berkaitan dengan babad, agama, primbon, pertanian dan kehidupan di abad tersebut. “Paling lama itu naskah lontar pada abad 16, termasuk baru-baru ini ada 5 naskah yang didapat dari daerah Ciamis dan luar Jabar sebanyak 9 buah naskah dalam bahasa sunda,” tegas Nita.

Usai bedah naskah tersebut, menurut Nita hasilnya  akan dibukukaan dan dijadikan rujukan bagi para mahasiswa budaya dan sastra ataupun mereka yang mendalami masalah sejarah.

Bedah Naskah Kuno
Bedah Naskah Kuno

Dalam bedah naskah yang diikuti para dosen dan pecinta budaya itu, Nita juga menjelaskan animo masyarakat terhadap kebudayaan ini cukup tinggi, terlebih pada kurikulum pendidikan mulai dari TK-Perguruan Tinggi pendidikan sejarah sudah diterapkan.

“Naskah kuno ini menjadi ikon, karena koleksi museum Sribaduga ini hampir setiap bulan menjadi ajang penelitian para dosen dan mahasiswa se Indonesia,” ucapnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.