Senin, 1 Juni 20

Mesut Ozil Terpilih Jadi Figur Muslim Terbaik 2019

Mesut Ozil Terpilih Jadi Figur Muslim Terbaik 2019

Pemain sepak bola Timnas Jerman, Mesut Ozil telah terpilih sebagai salah satu tokoh Muslim terbaik di tahun 2019. Majalah Muslim News Nigeria telah menobatkan bintang sepakbola Arsenal itu sebagai Muslim terbaik keturunan Turki di Jerman. Media terbesar di Nigeria itu juga mengumumkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebagai “Kepribadian Muslim Dunia 2019”.

Surat kabar paling berkuasa di Nigeria itu menyatakan bahwa Mesut Ozil telah diberi gelar itu karena ia membela hak-hak umat Islam di seluruh dunia. Penerbit Muslim News Nigeria, Rashed Abu Bakar mengatakan bahwa tidak ada perselisihan antara Erdogan yang dipilih untuk gelar ini, mengingat kekuatan dan pengaruh yang dimilikinya dalam komunitas internasional dan dunia Muslim.

Sebelumnya pada tahun 2018, tahun itu, majalah itu menyatakan dia sebagai seorang Muslim dunia. Penerbit Abu Bakar mengatakan ia dianugerahi gelar ini karena pengaruhnya di seluruh dunia.

Dia juga mengatakan bahwa presiden Turki selalu memihak para korban. Erdogan selalu terlihat di Suriah, Myanmar, penganiayaan Rohingya, Kashmir, dan masalah Palestina. Selain itu, Erdogan telah menyelenggarakan konferensi Kuala Lumpur untuk menyatukan dunia Muslim.

Mesut Ozil dan Erdogan. (Daily Star)

 

Yang juga termasuk dalam daftar tokoh Muslim global adalah Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, anggota Kongres AS kelahiran Somalia, Ilhan Omar, Presiden Gambia Adama Barrow, dan bintang sepak bola Jerman kelahiran Turki Mesut Ozil.

Erdogan kemudian terpilih sebagai figur utama dari lima model muslim terbaik 2019. Menurut Rashed Abu Bakar pimpinan Muslim News Nigeria, pihaknya punya alasan menetapkan Erdogan sebagai figur utama kedua kalinya.

“Kami memberikan penghargaan ini pada Erdogan karena komitmennya pada muslim di Palestina. Myanmar, Kashmir, Suriah, dan negara lain di dunia. Erdogan juga menjadi sosok yang selalu menyuarakan soal Uyghur. Muslim News percaya perlakuan tidak pantas yang diterima muslim bisa berlalu jika seluruh pemimpin dunia bersatu,” kata pimpinan redaksi Muslim News Nigeria Rashed Abu Bakar dikutip dari situs media tersebut.

Erdogan juga dinilai telah membuat langkah besar yang membuat Turki menjadi salah satu kekuatan dunia dan pusat perkembangan Islam. Dia menjadi inspirasi bagaimana pemimpin muslim melakukan tugasnya.

“Sebagai pemimpin, Erdogan tidak hanya menggunakan posisi tersebut untuk memperbaiki status Turki sebagai negara yang terus berkembang secara sosial dan ekonomi. Namun juga menimbulkan ketertarikan dunia yang lebih besar pada Islam dan dinamikanya,” ujar Rashed.

 

Isu muslim Uyghur di China juga menjadi pertimbangan pemain sepakbola Mesut Oezil dalam model muslim terbaik 2019. Gelandang Arsenal tersebut sempat mengunggah tulisan yang mempertanyakan minimnya respon dunia terkait muslim Uyghur.

Tulisan di Instagram tersebut mendapat banyak respon dari penggemar hingga pejabat terkait, dari lingkungan Arsenal hingga petinggi negara. Tulisan Oezil juga berdampak pada penjualan hak siar atas klubnya di China.

Oezil tak ambil pusing menghadapi respons tersebut dan tak menghapus tulisan yang diunggah lewat Instagram. Dia memilih meneruskan aktivitas seperti biasa sebagai pemain sepakbola, dalam kehidupan sehari-hari, dan aksi sosial.

Erdogan dan Mesut Oezil Model muslim terbaik 2019 memberi contoh seorang yang beragama Islam menjalani kehidupannya sehari-hari. Dalam seluruh kegiatannya, dia tidak hanya memikirkan diri sendiri namun juga muslim dan kehidupan lain di sekitarnya. Muslim juga menginspirasi orang lain untuk selalu lebih baik dibanding hari sebelumnya. (intnewslive/dtk)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.