Jumat, 24 Januari 20

Mengenal Lebih Dekat VietJet, Maskapai dengan Pramugari Berbikini

Mengenal Lebih Dekat VietJet, Maskapai dengan Pramugari Berbikini
* Pramugari maskapai VietJet Air.

Jakarta, Obsessionnews.com – Maskapai asal Vietnam, VietJet Air,  berencana akan membuka penerbangan ke Indonesia. Belum juga terwujud, maskapai ini ramai diperbincangkan karena disebut pramugarinya berbusana bikini. Atas alasan itu banyak pihak yang menantang.

Menteri Perhubungan Budi Karya  mengatakan, penerbangan maskapai VietJet dengan busana bikini tidak akan berlaku di Indonesia. Sebab,  mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, maka perusahaan asal Vietnam itu  harus mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia.

Terlepas dari kontroversi itu, ada baiknya kita mencoba mengetahui lebih dalam maskpai VietJet sebelum mengudara di ataa wilayah Indonesia.

 

Baca juga:

Pramugari Berbikini Tak Berlaku di Indonesia

Kemenpar Bantu Promosi Dua Rute Maskapai Vietnam

 

Berikut ini beberapa hal terkait maskapai berwarna merah ini:

Terbang perdana 2011

VietJet Air bukanlah pesawat lama dalam dunia penerbangan. Maskapai ini kali pertama meluncurkan layanannya dengan melakukan penerbangan pada 24 Desember 2011. Penerbangan itu masih berupa penerbangan domestik dengan rute Ho Chi Minh City ke Hanoi.

Hingga saat ini, VietJet Air sudah memliki lebih dari 30 rute penerbangan regional meliputi penerbangan ke Thailand, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Malaysia, China, Jepang, Hong Kong, dan Myanmar. Indonesia menjadi target ke depan.

Jika sesuai rencana pada Maret mendatang Indonesia akan masuk dalam daftar tujuan penerbangan maskapai milik Nguyen Tanh Ha dengan tujuan utama Denpasar, Bali.

Penerbangan LCC

VietJet Air merupakan maskapai berbasis low cost carrier (LCC) atau berbiaya murah. Tidak sembarang LCC, VietJet Air pernah menyabet sejumlah penghargaan di kancah internasional.

Penghargaan itu misalnya “The Best Asian Low Cost Carrier” pada TTG Travel Awards 2015 dan “The most favourite carrier in Vietnam” dari Economic Times.

Jenis pesawat

Terdapat dua jenis pesawat Airbus yang digunakan VietJet, yakni A320s dan A321s. Untuk jenis pesawat yang akan digunakan di penerbangan ke Denpasar dan Jakarta adalah Airbus 321 terbaru berkapasitas 226 penumpang.

Namun secara umum, semuanya masih tergolong pesawat baru dengan rata-rata usia pemakaian 3,3 tahun.

Pramugari berbikini

Seperti dilansir dari Express, setiap tahun maskapai mengeluarkan kalender yang menyebutkan penerbangan mana saja yang menampilkan kru pesawat baik pramugari maupun pilot, juga ground staff yang mengenakan bikini selama bertugas.

Dengan demikian, pramugari berbikini ini tidak terdapat dalam setiap penerbangan. Hal ini juga sudah dijelaskan oleh pihak VietJet, bahwa pramugari berbikini tidak berlaku setiap kali penerbangan. Hanya berlaku pada saat moment khusus.

Adapun seragam bikini yang dikenakan berupa pakaian two pieces berwarna merah dan kuning. Warna itu melambangkan warna bendera Vietnam.
Hal ini kemudian memberikan sebutan baru bagi VietJet Air, yakni “bikini airline”.

Pihak VietJet Air juga menyatakan tidak akan memberlakukan seragam bikini ini saat melakukan penerbangan ke atau dari Indonesia nantinya. Di samping seragam bikini, ada seragam lain untuk staff kabin perempuan yang terlihat lebih tertutup dan sopan.

Seragam itu adalah setelan kaos berkerah warna merah yang dipadukan dengan celana kotak-kotak berwarna coklat.

Penampilan para premugari itu juga dilengkapi dengan dasi kupu-kupu yang terbuat dari tali, topi, sabuk, flatshoes, dan aksesori lain. Tampilan ini didominasi warna coklat dan merah dengan kesan segar, lincah, dan trendi. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.