Kamis, 2 Mei 24

Mendag Mau Bangun Cool Storage di Pelabuhan Rp2-3 Triliun

Mendag Mau Bangun Cool Storage di Pelabuhan Rp2-3 Triliun

Jakarta, Obsessionnews – Wacana pembangunan cool storage dengan besar tiga kali lapangan sepak bola seperti yang ada di Dubai, kata Menteri Perdagangan Thomas Lembong merupakan terobosan besar. Namun, bukan pula solusi sesaat.

“Dan kami akan dorong terus supaya segera jadi,” kata Lembong kepada wartawan di Jakarta, Rabu (16/9).

Investasi yang bakal ditanamkan pada pembangunan gudang berikat termasuk cool storage di pelabuhan, diperkirakan bakal mencapai Rp 2 triliun hingga Rp 3 triliun. Dan pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap.

“Sarana industri logistik yang dikunjungi, sudah dibangun dalam waktu 20-30 tahun. Ini tahap ketiga program mereka,” jelasnya.

Lembong pun menginginkan pembangunan cool storage dibuat pilot project-nya dulu. Sebab dalam perjalanannya nanti, pasti terjadi kesalahan dan bisa dipetik pelajaran dari sana.

“Ini masih wacana dan tim ekonomi sangat serius soal konsep ini. Dan bulan ini pasti ada kabar perkembangannya,” sebut dia.

“Kita harus rasional dan ekonomis, bukan karena gengsi atau ego. Jadi disesuaikan dengan kondisi dan data yang ada,” lanjutnya.

Soal sumber dana, secara pribadi Lembong lebih memilih membuka pintu untuk swasta. Sebab selama ini, proyek-proyek badan usaha milik negara juga banyak yang diserahkan kepada swasta.

“Kita sebagai pemilik tapi ujungnya pasti akan ada peran besar dari swasta,” tutupnya. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.