Jumat, 26 April 24

Masjid al-Aqsa Terbakar

Masjid al-Aqsa Terbakar
* Masjid al-Aqsa. (Foto: Medsos)

Yerusalem, Obsessionnews.com – Kebakaran terjadi di Masjid al-Aqsa di Yerusalem, Palestina, situs tersuci ketiga dalam Islam itu terbakar pada Senin  (15/4/2019) waktu setempat. Tidak ada kerusakan yang signifikan, tapi membahayakan untuk melindungi situs ibadah yang berusia lebih dari 2.000 tahun.

 

Baca juga:

Pemukim Zionis Serbu Masjid Al-Aqsa

Ketua Komisi I DPR Dukung Kemenlu RI Kecam Israel Soal Masjid Al-Aqsa

Israel Blokade Masjid Al-Aqsa

 

Tidak hanya itu, bagian dari Haram ash-Sharif, masjid besar Yerusalem yang dibangun di mana peristiwa penting dalam kehidupan nabi Muhammad diyakini juga terbakar, dan merusak bagian dari struktur yang berasal dari pemerintahan Raja Yudea, Raja Herodes Agung.

Kebakaran terjadi di ruang jaga di luar Ruang Sholat al-Marwani Senin malam, menurut pernyataan Departemen Wakaf Islam (Wakaf) masjid, The New Arab, sebagaimana dilansir Sputniknews.com, seorang penjaga melaporkan celah pendek dalam rotasi penjaga antara 19.15 dan 19.30 waktu lokal.

Departemen wakaf memuji responsif petugas pemadam kebakaran, yang dengan cepat memadamkan api. Api tampaknya datang dari anak-anak yang bermain-main, dan pernyataan wakaf mendesak para jamaah “yang tinggal di sekitar masjid dan di Kota Tua untuk mendidik anak-anak mereka untuk tidak merusak api, terutama di dalam Masjid al-Aqsa.”

Polisi Israel mengatakan kepada al-Araby bahwa mereka sedang membuka penyelidikan atas insiden itu. Israel telah memerintah seluruh kota sejak 1967, ketika merebut wilayah itu dari Yordania.

Amerika Serikat baru-baru ini mengakui klaim Israel bahwa Yerusalem adalah ibu kotanya, tetapi hanya sedikit negara yang mengikutinya, dengan sebagian besar bersikukuh oleh banyak resolusi PBB yang mengutuk pencaplokan Israel atas wilayah itu.

Al-Aqsa berarti “yang terjauh” dalam bahasa Arab; sebuah rumah ibadah dibangun di situs itu karena sebuah ayat dalam Alquran yang menggambarkan “Perjalanan Malam” Nabi Muhammad, yang mengatakan ia pergi ke masjid terjauh sebelum naik ke surga di atas seekor kuda terbang bernama Buraq (“kilat, dalam bahasa Arab).

Tidak jelas khalifah mana yang mendirikan struktur modern, tetapi hampir pasti dibangun pada akhir abad ketujuh dan terus berkembang sejak saat itu..Alasan al-Aqsa juga termasuk Kubah Batu, sebuah kuil yang didekorasi dengan rumit yang dibangun di situs fisik dari tempat yang diyakini Muhammad naik ke surga.

Juga dikenal sebagai “Solomon’s Stables,” al-Marwani kemungkinan besar dibangun oleh Herodes Agung, klien raja Yudea dari Kekaisaran Romawi pada abad pertama SM.

Sementara seorang khalifah Muslim bernama Marwan I dikreditkan dengan mengubah istal menjadi kamar yang dapat digunakan, baru pada tahun 1996 Waqf Palestina mengubah bangunan menjadi masjid modern yang mampu menampung 7.000 jamaah. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.