Kamis, 2 Mei 24

Lewat Literasi-Inklusi Keuangan, OJK dan OECD/INFE Berdayakan UMKM

Lewat Literasi-Inklusi Keuangan, OJK dan OECD/INFE Berdayakan UMKM

Jakarta, Obsessionews- Kontribusi sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia terbukti sangat berpengaruh bagi perekonomian nasional dengan menyumbang 60 Persen Produk Domestk Bruto (PDB) serta menyerap 97 Persen tenaga kerja nasional.

Sebagai strategi guna terus menumbuhkan UMKM tersebut Otoritas Jasa Keuangan (OJK bersama Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) akan mengadakan OJK-OECD/International Network on Financial Education (INFE) High-Level Regional Seminar on Empowering MSMEs Through Financial Literacy and Inclusion pada tanggal 1 – 2 Juni 2016 di Jakarta.

Salah satu bentuk penguatan tersebut adalah dengan meningkatkan kemampuan UMKM dalam mengelola keuangan serta memperluas akses keuangan bagi UMKM. “Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat” di Desa Larangan Brebes, Jateng yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 11 April 2016.

Sebagai buktinya, saat ini OJK menginisiasi produk yang dapat dijangkau UMKM, diantaranya berupa pembuatan aplikasi “Yuk Sikapi” untuk rintisan usaha baru (start-up business), perluasan jaringan layanan perbankan melalui LAKU PANDAI, pengembangan produk keuangan “LAKU MIKRO”, pengembangan “ASURANSI MIKRO”, investasi melalui “Reksa Dana 100 Ribu” dan program JARING (Jangkau, Sinergi, dan Guideline) untuk pembiayaan di sektor kemaritiman.

Dibentuk tahun 2008 OECD/INFE merupakan forum yang diikuti oleh 245 lembaga pemerintah dari 114 negara peduli di bidang edukasi dan inklusi keuangan. Salah satu wujud inisiatif dari OECD/INFE yakni mendukung peningkatan literasi serta inklusi keuangan untuk UMKM, di mana OJK turut menjadi anggota dari kelompok Financial Education for MSMEs dan Core Competencies on Financial Literacy untuk mengembangkan program-program yang inovatif guna menjawab tantangan dan hambatan yang dialami oleh sektor UMKM.(Aprilia/*)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.