Senin, 29 April 24

Kunker ke Negeri Pelauw, Komandan Lantamal dan Wakil Ketua DPRD Maluku Tanam 2.000 Anakan Cengkeh

Kunker ke Negeri Pelauw, Komandan Lantamal dan Wakil Ketua DPRD Maluku Tanam 2.000 Anakan Cengkeh
* Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Rasyad Effendi Latuconsina memimpin aksi penanaman 2000 anakan cengkeh di Negeri Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Maluku Tengah. (Foro: dok Lantamal IX Ambon)

Obsessionnews.com —— Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Rasyad Effendi Latuconsina melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Negeri Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Maluku Tengah. Kunker tersebut dalam rangka menggelar Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI AL bagi Siswa-Siswa SMU, dan aksi penanaman 2000 anakan cengkeh.

Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Rasyad Effendi Latuconsina tiba di negeri Pelauw, Minggu (9/7/2023). Kehdiran keduanya disambut oleh Camat Pulau Haruku M. Ali Latuconsina, Danramil 1504-07/Haruku Kapten Inf Abd Wahab Tuahena, pengurus Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Pelauw (IPPMAP), pengurus Moluccas Coastal Care (MCC), siswa siswi SMU, serta masyarakat setempat.

Kunjungan tersebut diawali dengan menggelar kegiatan sosialisasi penerimaan prajurit TNI AL bagi siswa-siswa SMU se-Kecamatan Pulau Haruku yang berlangsung di Balai Negeri Pelauw. Kedatangan Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Rasyad Effendi Latuconsina beserta rombongan mendapat suguhan seni dari Siswi SMU Negeri 16 Maluku Tengah.

“Walaupun cuaca hari ini tidak mendukung yang mana dari kemarin sampai dengan sekarang hujan terus menerus yang tak kunjung henti tidak mengurangi samangat kita hari ini untuk mengikuti kegiatan ini,” kata Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina saat menyampaikan sambutan di hadapan tokoh masyarakat serta tamu undangan yang hadir.

Menurutnya kegiatan sosialisasi penerimaan prajurit TNI AL ini sangat penting sekali diadakan karena ini menjadi bagian dari tanggung jawab bersama untuk disampaikan kepada siswa-siswa generasi muda. Tanggung jawab ini juga harus dimiliki oleh para guru dan orang-orang tua, serta masyarakat karena dinilai mempunyai peranan yang sangat besar.

Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina mengatakan sosiaslisasi penerimaan prajurit TNI AL khususnya di wilayah Kecamatan Pulau Haruku sudah sering kali dilaksanakan, alhasil animo calon pendaftaran dari tahun ke tahun meningkat sangat signifikan.

“Yang menyebabkan pendaftaran sangat meningkat ini karena sosialisasi yang kita laksanakan bukan hanya di Kecamatan Pulau Haruku saja, tapi diselenggarakan di seluruh wilayah Provinsi Maluku di semua kabupaten kota yang di Maluku,” katanya.

“Kegiatan dilaksanakan agar para pelajar dapat mengetahui bagaimana caranya mendaftar menjadi anggota pelajar yang bisa masuk agar bisa dibantu tapi yang benar mampu dalam semua tahap tahap tes, bukannya yang mempunyai kekurangan,” lanjutnya.

Pemerintah Negeri Pelauw menyampaikan apresiasi kepada Danlantamal IX Ambon yang telah menggelar sosialisasi penerimaan prajurit TNI AL. Sebab hasil nyata dari sosialisasi ini para siswa yang lulus seleksi penerimaan prajurit melalui Lantamal IX Ambon itu  cukup banyak khususnya dari pemuda yang ada di Kecamatan Pulau Haruku.

“Melalui sosialisasi ini harapan besar kami anak-anak kami bisa menyiapkan diri untuk tes masuk TNI Angkatan Laut melalui Danlantamal IX Ambon,” kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku sekaligus Raja Negeri Pelauw Rasyad Effendi Latuconsina dalam sambutannya yang diwakili oleh Camat Pulau Haruku M. Ali Latuconsina.

Oleh karena itu atas nama pemerintah Negeri meminta kepada siswa -siswi yang berada di Kecamatan Pulau Haruku harus bersyukur kerana tidak semua wilayah dapat menerima kunjungan untuk sosialisasi semacam ini. “Oleh karena itu kita patut bersyukur dan berterima kasih banyak kepada Danlantamal IX Ambon yang telah berpartisipasi,” ungkap Latuconsina.

Ketua Umum DPP IPPMAP M. Syarif Tuasikal dalam sambutannya yang diwakili Sekjend DPP IPPMAP Abdul Gani Latuconsina juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Rasyad Effendi Latuconsina yang mana telah hadir dan mendukung proses pelaksaan kegiatan sosialisasi penerimaan TNI AL dan aksi penanaman anakan cengkeh di Negeri Pelauw.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi motivasi bagi generasi muda yang akan ikut dalam penerimaan TNI Angkatan Laut. Oleh karena itu, kegiatan ini bisa diikuti dengan baik dengan serius sehingga apa yang menjadi persyaratan masuk TNI AL bisa disiapkan sebelumnya,” kata Gani Latuconsina.

Dia menambahkan kegiatan ini merupakan salah satu kerja yang ikhlas. “Diharapkan kepada orang tua yang hadir pada hari ini juga bisa memotivasi anak-anaknya untuk bisa serius dalam mengikuti penerimaan ini, sehingga harapan kami secara kelembagaan untuk adik-adik generasi muda yang ada di Pulau Haruku bisa masuk TNI Angkatan Laut,” imbuh Gani Latuconsina.

Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Rasyad Effendi Latuconsina beserta rombongan melanjutkan kunjungan kerja dengan menghadiri acara sosialisasi pentingnya menjaga bumi yang digelar oleh LSM Moluccas Coastal Care (MCC), dan mengikuti aksi penanaman anakan cengkeh bersama masyarakat Negeri Pelauw.

Camat Pulau Haruku M. Ali Latuconsina mengatakan kegiatan penanaman cengkeh bagi petani di Negeri Pelauw ini memiliki arti bahwa cita-cita besar Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen Said Latuconsina  untuk mengembalikan kejayaan rempah-rempah yang ada di Pulau Haruku.

“Sekarang ini kejayaan rempah-rempah perlahan-lahan mulai meredup. Oleh karena itu, mari kita dukung program dan visi misi ini bisa terwujud agar kita bisa mengembalikan kejayaan cengkeh di Maluku dan terlebih khususnya di Pulau Haruku,” ujar M. Ali Latuconsina.

M. Ali Latuconsina mengajak seluruh warga masyarakat Negeri Pelauw untuk bersama-sama meningkatkan kepedulian untuk  menanam kembali pohon cengkeh, karena menurut dia, penanaman cengkeh tidak bisa dilepas pisahkan dari mata rantai kehidupan masyarakat Negeri Pelauw.  “Karena pohon cengkehlah yang dapat menghasilkan kehidupan kita seperti ini,” katanya.

Aksi penanaman 2000 anakan cengkeh ini merupakan kerja sama DPP IPPMAP dengan Moluccas Coastal Care (MCC) dengan didukung oleh Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Rasyad Effendi Latuconsina.

Aksi penanaman anakan cengkeh ini dilakukan secara simbolis oleh Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Rasyad Effendi Latuconsina selanjutnya masyarakat Negeri Pelauw mengambil bagian dengan menanam anakan cengkeh tersebut di dusun masing-masing. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.