Sabtu, 27 April 24

Konflik Golkar Berkah Bagi Nasdem

Konflik Golkar Berkah Bagi Nasdem
* Bupati Malang Rendra Kresna ketika menerima surat rekomendasi dari Nasdem beberapa waktu yang lalu.

Surabaya, Obsessionnews – Konflik Partai Golkar hingga terjadi dualisme kepengurusan antara hasil Musyawarah Nasional (Munas) Ancol dan Munas Bali menjadi berkah tersendiri bagi Partai Nasdem. Beberapa kader Golkar yang saat ini menjadi kepala daerah memilih mendaftar ke Nasdem sebagai pilihan utamanya.

Bendahara DPW Partai Nasdem Jatim Muzammil Syafii mengakui sejumlah kepala daerah dari partai lain menetapkan Nasdem sebagai pilihan mendapatkan tiket maju Pilkada. (Baca juga: Golkar Kubu AL Targetkan Menang 60 Persen Pilkada di Jatim)

“Bisa dibilang kami mendapat berkah. Sejumlah incumbent sudah memastikan berangkat dari partai kami,” kata Ketua Fraksi Nasdem DPRD Jatim tersebut kepada obsessionnews.com di Surabaya, Kamis (7/5)

Salah satu kepala daerah yang berasal dari Golkar adalah Bupati Malang Rendra Kresna. Rendra sendiri sudah mendapat rekomendasi dari Nasdem untuk kembali maju dalam pilkada Malang.

Meskipun menjabat sebagai Ketua DPD II Golkar Kabupaten Malang, Rendra berada di persimpangan dan bingung dengan situasi di partainya sebelum akhirnya memilih Nasdem sebagai tumpangan awal.

Sementara itu, Nasdem yang rata-rata mendapat empat kursi parlemen di sejumlah daerah akan all out memenangkan jagonya. Di beberapa daerah, Nasdem dapat membentuk fraksi sendiri, terutama di Kabupaten Probolinggo Nasdem menguasai parlemen.

Muzammil menegaskan, Nasdem hanya akan memunculkan calon kepala daerah yang dikehendaki rakyat. Tak peduli kader, jika elektabilitas rendah tak akan direkomendasi.

“Orientasi kami adalah memenangkan calon kami. Ini bisa terlihat dari cerminan pada survei yang kami lakukan. Nantinya kami juga akan membuka pintu koalisi dengan partai lain,” kata Muzammil.

Saat ini mekanisme pengajuan calon kepala daerah ke DPP Partai Nasdem terus berproses. Setelah penjaringan dan dilakukan survei, mereka akan diajukan ke pusat. Sampai sekarang sudah tiga incumbent mendapat rekomendasi Nasdem. Mereka adalah Bupati Malang Rendra Kresna. Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa, dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas. Selain mereka ada juga Faida, kader Nasdem Jember. (Adi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.