Jumat, 26 April 24

Konflik AS-Cina

Konflik AS-Cina
* Hendrajit. (Foto: dok. pribadi)

Trump pura-puranya menghantam WHO dengan seakan karena Cina semakin kuat mempengaruhi WHO, padahal sebenarnya dengan seakan menghantam Cina lewat WHO, Trump sedang membantu WHO membersihkan pengaruh VOC-VOC gaya baru tersebut. Jadi konflik AS-Cina yang seakan terjadi di arena WHO, sesungguhnya hanya tiktok belaka.

Yang kebakaran jenggot justru kalangan demokrat dan China overseas yang melekat dengan kepentingan korporasi global. Dengan begitu cara pandang kita dalam melihat konflik AS-Cina ke depan harus jeli. Trump dan Jinping dalam jangka panjang memang punya agenda berbeda. Yang satu ingin menyelamatkan kapitalisme. Satunya lagi ingin menyelamatkan sosialismenya.

Namun menariknya, keduanya meyakini bahwa negara harus memainkan peran kuat dan menentukan. Negara harus jadi subjek, bukan objek kepentingan. Bagi Indonesia, yang saat ini menyadari daya rusak kapitalisme dan liberalisme, maka negara harus dikembalikan pada perannya yang sesungguhnya sebagai pelindung sekaligus penggerak ekonomi-politik.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.