Kamis, 18 April 24

Kemenpar Beri Pelatihan Pariwisata kepada Mahasiswa di Maluku Tenggara

Kemenpar Beri Pelatihan Pariwisata kepada Mahasiswa di Maluku Tenggara
* Kegiatan Pelatihan SDM Kepariwisataan Goes To Campus di Kampus Politeknik Perikanan Negeri Tual, Maluku Tenggara, Selasa (18/6/2019). (Foto: Kemenpar)

Jakarta, Obsessionnews.comKementerian Pariwisata (Kemenpar) melakukan berbagai gebrakan agar pariwisata di Indonesia semakin bersinar. Kemenpar gencar mempromosikan objek-objek wisata unggulan di berbagai daerah. Selain itu Kemenpar pun mempromosikan event-event kesenian, kebudayaan, olahraga, kuliner, dan lain sebagainya.

 

Baca juga:

Festival Sriwijaya 2019 Harus Didukung Asosiasi Pariwisata 

Pelatihan ‘Tourism Goes to Campus’ Dukung Sektor Pariwisata Jadi Primadona

Berkat Pariwisata Perekonomian Kepri Meningkat

 

Terobosan lain yang dilakukan Kemenpar adalah memberikan pelatihan pariwisata kepada mahasiswa dan elemen masyarakat lainnya untuk mencetak banyak kader pariwisata yang tangguh.

Salah satu di antaranya adalah Kemenpar memberikan pelatihan pariwisata kepada mahasiswa di Maluku Tenggara sebagai upaya untuk mencetak lebih banyak kader pariwisata di wilayah tersebut.

Kepala Sub Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan (Kemenpar) Alfin Merancia saat Kegiatan Pelatihan SDM Kepariwisataan Goes To Campus di Kampus Politeknik Perikanan Negeri Tual, Maluku Tenggara, Selasa (18/6/2019) mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan juga awareness mengenai kepariwisataan bagi mahasiswa.

“Hal ini juga untuk memberikan pemahaman mengenai dampak ekonomi dari aktivitas pariwisata. Dan untuk menciptakan kader pariwisata yang aktif dalam pengembangan pariwisata. Khususnya, di wilayah Kei-Maluku termasuk Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara,” kata Alfin.

 

Baca juga:

Pernyataan Resmi Kementerian Pariwisata Terkait Aksi Demo 22 Mei 2019 di Jakarta

Menpar Usulkan Pengembangan KEK Pariwisata dan Destinasi Digital di Kabupaten Bandung

Peran Mahasiswa Diperlukan Untuk Perkuat Pariwisata Indonesia

 

Dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis Kemenpar, Kamis (20/6), dalam kesempatan tersebut Alfin menjelaskan, sebagai negara kepulauan potensi wisata bahari yang dimiliki Indonesia sangat tinggi.

“Dan untuk mengelola itu dibutuhkan SDM-SDM andal. SDM inilah yang akan memastikan wisata bahari Indonesia terjaga, serta tergali dengan maksimal. Karena bahari menjadi salah satu andalan pariwisata kita. Sedangkan pariwisata adalah penyumbang devisa, dan salah satu yang terbesar,” paparnya

Menurutnya, para mahasiswa Kampus Politeknik Perikanan Negeri Tual harus menyadari potensi tersebut.

“Pariwisata itu masa depan bangsa. Sektor yang sangat menjanjikan. Mahasiswa bisa mengambil bagian dalam sektor pariwisata. Pemahaman tentang inilah yang kita sampaikan. Maka narasumber yang kami hadirkan pun beragam. Bahkan hingga profesional,” papar Alfin.

Turut hadir dalam kegiatan kali ini antara lain Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara Roy Rahajaan yang menyampaikan materi terkait Arah Kebijakan Pengembangan SDM Pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara.

Kemudian Direktur Politeknik Perikanan Negeri Tual Jusron Ali Rahajaan dengan materi yang disampaikan terkait Peran Perguruan Tinggi dalam Mendukung Pengembangan SDM Kepariwisataan.

Ada juga Manager Area III Traveloka.com Louis Alfonso Kodoatie yang memberikan pemahaman mengenai Digital Millenial Tourism. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.