Jumat, 26 April 24

Kemenkop Luncurkan Aplikasi PLUT-KUMKM Berbasis Android

Kemenkop Luncurkan Aplikasi PLUT-KUMKM Berbasis Android
* Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Kemenkop UKM, Yuana Sutyowati (tengah, berkerudung biru).

Makassar, Obsessionnews.com – Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan Aplikasi Pusat Layanan Usaha Terpadu-KUMKM (PLUT-KUMKM). Sebanyak 37.463 UKM seluruh Indonesia ditargetkan diinput melalui aplikasi berbasis Android tersebut.

Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Kemenkop UKM, Yuana Sutyowati mengatakan dengan adanya aplikasi ini, diharapkan para Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM dapat aktif menginput data perkembangan UKM yang didampingi.

“Sehingga memudahkan pihak terkait seperti Kemenkop dan UKM, Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM, maupun stakeholder lain, dalam mengakses data,” ujar Yuana melalui siaran pers di Makassar, Rabu (17/5/2017).

Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play ataupun bisa diakses langsung melalui www.manajemen.cis-nasional.id. Beberapa layanan yang tersedia di aplikasi tersebut adalah: Konsultasi Online dan Informasi Pasar.

“Melalui HP masing-masing, KUMKM di seluruh penjuru tanah air bisa melakukan konsultasi langsung dengan PLUT–KUMKM terdekat,” tambah Asisten Deputi Pendampingan Usaha, Kemenkop UKM Eviyanti Nasution.

Menurut Eviyanti, KUMKM juga bisa melakukan promosi produk-produk mereka melalui layanan informasi pasar yang tersedia di aplikasi tersebut.

Aplikasi tersebut juga menyediakan layanan database KUMKM online, dengan format sesuai dengan Peraturan Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Nomor 02/Per/DEP.4/I/2017.

Dengan format yang telah distandarkan, database KUMKM online yang dikelola PLUT KUMKM bisa digunakan sebagai baseline bagi program #UMKMnaikkelas.

“Database tersebut juga bermanfaat untuk keperluan akses pembiayaan dan credit rating,” ungkap Eviyanti. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.