Senin, 29 April 24

Kemenkop akan Perkuat Bank Sampah

Kemenkop akan Perkuat Bank Sampah
* Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram.

Jakarta, Obsessionnews.com – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram menilai bank sampah memiliki potensi ekonomi yang besar dalam menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, kelembagaan unit-unit bank sampah perlu didorong dan diperkuat.

Agus mengatakan kelembagaan bank sampah diperkuat dengan melakukan sinergi yang saling menguntungkan dan mengelompokkannya menjadi badan hukum koperasi. Sehingga, bisa lebih mudah akses ke sumber-sumber produktif.

“Seperti pemasaran, pembiayaan, teknologi, dan lainnya, dalam rangka mengembangkan usahanya,” kata Agus saat membuka workshop Pengembangan Kemitraan KUMKM Bank Sampah Dalam Rangka Penguatan Usaha, di Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Di depan 120 orang peserta workshop, Agus menyebutkan, untuk mengembangkan UMKM bank sampah perlu dilakukan langkah-langkah antisipatif dari hulu hingga hilir, seperti meningkatkan capacity building pengelola bank sampah, melakukan kemitraan dengan instansi terkait, perluasan pemasaran, pembiayaan, serta pendampingan.

“Tujuannya, meningkatkan efektifitas pengelolaannya dan pengembangan produk derivatifnya,” tandas Agus.

Untuk itu, lanjut Agus, Kemenkop dan UKM memiliki beberapa program yang dapat memperkuat unit-unit bank sampah. Diantaranya, ijin usaha mikro dan kecil (IUMK) secara gratis. Program lainnya yaitu pendampingan untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengelola sampah menjadi produk yang bernilai ekonomi.

“Juga, memfasilitasi sinergi pengelola bank sampah ke mitra strategis, baik di hulu maupun hilirasi seperti dalam pemasaran produk, pengembangan produk dan lainnya,” jelas Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM Abdul Kadir Damanik mengakui bahwa keberadaan unit-unit bank sampah di masyarakat sudah berkembang. Namun, kelembagaan bank sampah yang ada belum berjalan dengan optimal.

“Untuk itu, perlu dilakukan perkuatan terhadap kelembagaan bank sampah agar dapat berkembang dengan efektif dan efisien,” kata Abdul Kadir. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.