Minggu, 25 Oktober 20

Kemasan Cantik Jadi Penentu Produk Diminati Pelanggan

Kemasan Cantik Jadi Penentu Produk Diminati Pelanggan
* Acara webinar yang bertemakan Kemasan Cantik Produktivitas UMKM Meningkat. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.com – Direktorat Bina Produktivitas, Kementerian Ketenagakerjaan bekerjasama dengan UMKM Alumni Unpad yang tergabung dalam Perkumpulan Bumi Alumni mengadakan webinar yang bertemakan Kemasan Cantik Produktivitas UMKM Meningkat. Acara ini di siarkan secara langsung melalui aplikasi Zoom pada Senin (28/9/2020).

Acara webinar perkumpulan yang digagas oleh Dr. Ary Zulfikar SH MH (Azoo) sekaligus sebagai inisiator UMKM Alumni Unpad dan Dr. Dewi Tenty Septi Artiany SH MKn MH selaku penggerak UMKM Alumni Unpad ini dihadiri oleh lebih dari 467 pelaku UMKM Alumni Unpad.

Tentunya Webinar ini mendapat animo luar biasa. Hal itu terbukti dari banyaknya pertanyaan yang ditujukan pada narasumber yang hadir.

Acara webinar ini dibuka oleh Fahrurozi, SH, MM, selaku Direktur Bina Produktivitas Kemnaker dan dimoderatori oleh pengamat UMKM dan koperasi Dewi Tenty Septiani. Dihadiri juga oleh CEO D&D Pack Delli Gunarsa.

Dalam kesempatan itu, Delli menyampaikan, kemasan sebuah produk menjadi hal pertama yang dilihat oleh calon pelanggan. Citra dan kesan yang tampil dari kemasan menjadi salah satu faktor penentu selera konsumen dalam memilih.

“Bagi produsen, kemasan seharusnya bukan lagi menjadi nilai tambah, namun sudah harus menjadi nila kali dari sebuah produk,” ungkap Delli dalam acara webinar tersebut.

Fahrurozi menambahkan, produktivitas merupakan salah satu aspek yang menentukan keberhasilan suatu UMKM dalam persaingan dunia usaha yang semakin ketat.

“Tingkat produktivitas yang dicapai UMKM merupakan indikator seberapa efisien UMKM tersebut dalam mengkombinasikan sumber daya ekonomisnya saat ini,” katanya.

Apabila usaha perbaikan produktivitas telah dilakukan, maka manfaat peningkatan produktivitas yang dapat diperoleh UKM, yaitu peningkatan keuntungan bagi UKM, peningkatan kualitas produk, peningkatan upah kepada buruh.

“Agar mampu dalam melakukan persaingan diperlukan suatu strategi. salah satunya adalah packaging atau pengemasan,” ucapnya.

Menurut Fahrurozi, kemasan yang baik merupakan nilai tambah bagi suatu produk. Kemasan pada produk harus memberikan kenyamanan terhadap konsumen yaitu nyaman untuk di gunakan dan disimpan.

Sementara itu, Dewi Tenty menyebutkan, aspek informatif yang mampu menjelaskan produk dengan baik dan yang terakhir aspek kreativitas yaitu produk dapat membangun persepsi konsumen yakni memiliki desain grafis yang menarik.

Berdasarkan Global Industrial Design Market 2020 Research Report, kata dia, nilai pasar global dari desain kemasan produk industri masih cukup besar. Pada tahun 2019, nilainya mencapai USD45,38 miliar dan akan menembus hingga USD65,41 miliar pada tahun 2026.

“Tingkat pertumbuhan produk industri tersebut, diproyeksi sebesar 5,3 persen pada periode 2021-2026. Hal ini menunjukkan besarnya peluang di sektor desain kemasan produk industri yang dapat terus dioptimalkan di tengah tantangan kondisi global, termasuk dampak dari pandemi Covid-19,” ujar Dewi.

Bahkan kalau merujuk data dari Indonesia Packaging Federation 2020, kinerja industri kemasan di Indonesia diproyeksi tumbuh dengan kisaran 6 persen pada tahun 2020 dari nilai realisasi tahun lalu sebesar Rp98,8 triliun.

Oleh karena itu, jelas Dewi, melihat pentingnya kemasan dalam menciptakan nilai tambah maka diperlukan webinar untuk meningkatkan keterampilan bagi pelaku UMKM untuk mengetahui lebih dalam tentang kemasan cantik agar produktivitas naik yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi peningkatan usaha UMKM.

“Ditinjau dari materialnya, kemasan yang beredar sebesar 44% dalam bentuk kemasan fleksibel,” bebernya.

Mengajak para pelaku UMKM untuk mempergunakan fasilitas rumah kemasan dimana pelaku UMKM akan mendapat bantuan design kemasan secara gratis asalkan produknya sudah memiliki ijin dan sertipikat halal,” tutupnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.