Senin, 27 September 21

Kedacom Video Conference: Solusi Tepat Komunikasi Virtual Real Time yang Aman dan Efisien

Kedacom Video Conference: Solusi Tepat Komunikasi Virtual Real Time yang Aman dan Efisien

Naskah    : Andi Nursaiful

Komunikasi menjadi salah satu faktor penentu dalam dunia bisnis di abad ke-21. Kecepatan, ketepatan, dan keandalan saluran komunikasi antarpelaku bisnis, menjadi prasyarat keberhasilan sebuah kerjasama bisnis. Rupanya, hal ini dipahami betul oleh Keda Communication Ltd. dengan menghadirkan Kedacom Video Conference, berupa serangkaian perangkat  komunikasi virtual real time yang aman dan efisien.

Keamanan dan efisiensi waktu dan biaya dalam berkomunikasi dengan sejumlah kolega yang berada di luar kota maupun luar negeri, memang telah menjadi kebutuhan utama berbagai pelaku bisnis dewasa ini. Sayangnya, tak banyak perangkat yang bisa menjamin hal itu.

Pelaku industri video telekomunikasi global yang berpusat di Cina, Keda Communication Ltd.  (Kedacom) tampil dengan solusi Kedacom Video Conference, dan kini bisa dinikmati di Tanah Air setelah pt. Datascrip dipercaya menjadi distributor tunggal Kedacom di Indonesia.

Dengan tagline THE ONE STOP BUSINESS SOLUTIONS, pt. Datascrip sebagai perusahaan Marketing dan Distribusi, memang senantiasa hadir memberi solusi berupa penyediaan produk, sarana, hingga sistem yang diperlukan dalam aktivitas bisnis dan perkantoran.  pt. Datascrip menawarkan produk-produk bermutu dalam 7 kategori solusi bisnis, meliputi, Office Design, Space Management and Filing System; Stationery, Office Equipment and Supplies; Multimedia Presentation and Conference Room; Digital Imaging; Time Management and Security Systems; Surveying and Engineering; Business Software and IT Solutions.

Kali ini, pt. Datascrip menghadirkan serangkaian produk Kedacom Video Conference, mulai dari  terminal video conference H700/H900 yang terintegrasi dengan kamera H600, kamera video conference TrueVixon HD85D/True Vixon HD90D, piranti lunak video conference HD-PCMT, multipoint control unit (MCU) KDV8000H, serta digital conference microphone TrueVoc300D dan TrueVoc300A.

Pelaku bisnis dapat menyesuaikan kebutuhan video conference yang akan dilakukan, apakah bersifat Point to Point (antara dua lokasi) atau Multipoint (lebih dari dua lokasi). Video ditampilkan melalui monitor notebook, layar LCD/LED TV, ataupun dengan proyektor.

Multipoint video conference
Multipoint video conference

Jika kebutuhannya adalah point to point, Anda bisa menggunakan terminal H600 atau H700/H900. Kedacom H600 adalah terminal yang sudah terintegrasi dengan kamera full HD 1080p (1920 x 1080) sehingga gambar yang ditampilkan lebih lebar dan jelas. Ini diperkuat dengan output display yang juga full HD, serta jaringan internet yang setara dengan kapasitas video conference. Built-in camera pada H600 mampu melakukan perbesaran optik hingga 10x,  dengan sudut pandang horisontal hingga 70° yang memberi perpektif luas pada saat video conference berlangsung.

Adapun terminal H700/H900 didesain dengan kamera terpisah TrueVixon HD85D/True Vixon HD90D. Kamera ini menggunakan teknologi sensor mutakhir yang mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan resolusi 1920 x 1080. Tak ketinggalan lensa zoom auto fokus berkecepatan tinggi dan stabil, dengan kemampuan perbesaran optik hingga 10 kali. Selain itu, kamera dapat berputar ke kanan/kiri hingga 170°, ke atas hingga 90° dan ke bawah hingga 30°.

Terminal H700 sendiri ditunjang oleh CPU dengan pengolahan gambar terpadu dan teknologi H.264 High Profile, yang menghasilkan video HD lebih cepat hingga 1080p/60fps setiap 2 Mbps, disertai resolusi gambar yang berkualitas tinggi. Produk ini cocok untuk video conference yang dilakukan di ruangan besar dan memerlukan lebih dari satu kamera, dengan penempatan yang dapat disesuaikan keperluan.

Jika pelaku bisnis lebih kerap melakukan multipoint video conference, maka dibutuhkan tambahan perangkat MCU KDV8000H, dengan kemampuan interaksi hingga 64 lokasi. Video conference bisa lebih dimaksimalkan lagi dengan aksesoris tambahan berupa mikrofon digital TrueVoc300D/TrueVoc300A. Mikrofon ini memiliki jangkauan suara yang lebar, dengan kualitas jernih dan stabil. Peserta video conference dapat bergerak di sekeliling meja sambil berbicara atau menyampaikan presentasi tanpa mengganggu kualitas suara.

Bagi pengguna dengan mobilitas tinggi dan rutin melakukan video conference, Kedacom memberi solusi berupa software HD-PCMT. Pengguna cukup menginstal pirati lunak ini pada notebook yang dilengkapi webcam untuk menjadikannya sarana video conference.

Komunikasi Virtual Real Time
Dari begitu banyak produk video conference yang ada di pasaran saat ini, ada satu kelemahan yang sangat mengganggu, yaitu suara terlambat atau muncul belakangan, tidak sesuai gerak bibir yang tampak pada layar. Persoalan klasik ini sudah diantisipasi dengan menyematkan teknologi yang memungkinkan percakapan berlangsung secara real time.

Gerak bibir dan suara pembicara muncul bersamaan, seolah berbincang dengan berhadapan langsung. Hal ini tentu membuat percakapan video berlangsung lebih nyaman, ketimbang memanfaatkan aplikasi percakapan online yang banyak tersedia gratis.

Launching Kedacom video conference
Launching Kedacom video conference

Lebih dari itu, satu hal yang kerap luput dari pertimbangan adalah faktor keamanan percakapan,  terutama di dunia bisnis di mana aspek kerahasiaan begitu penting. Sekali lagi, Kedacom Video Conference menjawab hal ini dengan dukungan teknologi 128-bit AES, yang dirancang mencegah akses yang tidak terotorisasi oleh sistem.

Menurut Division Manager pt. Datascrip, Jeremy Hermanto, Kedacom video conference tidak hanya menghemat biaya perjalanan dan waktu, melainkan juga membantu pelaku bisnis dalam mempercepat pengambilan keputusan-keputusan strategis. “Produk ini dapat dimanfaatkan di berbagai bidang, mulai dari sektor perdagangan, keuangan, perhotelan, kesehatan, pendidikan, hingga bidang pemerintahan,” demikian Jeremy Hermanto.

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.