Selasa, 14 Mei 24

Kamis, Mantan Presiden Trump Ditangkap terkait Kasus Pilpres

Kamis, Mantan Presiden Trump Ditangkap terkait Kasus Pilpres
* Ilustrasi Donald Trump dipenjara. (Global Justice Now)

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, dia berencana untuk menyerahkan diri pada hari Kamis (24/8/2023), ke pengadilan di negara bagian Georgia untuk menghadapi tuduhan campur tangan pemilu/pemilihan presiden (pilpres).

Seorang hakim di Atlanta yang mengawasi kasus mantan presiden tersebut telah menetapkan jaminan sebesar $200.000 (£157.000).

Perjanjian tersebut mengatakan Trump dapat tetap bebas menunggu persidangan selama dia tidak berusaha mengancam atau mengintimidasi saksi.

Trump menyangkal 13 tuduhan, termasuk pemerasan dan pernyataan palsu.

“Terdakwa tidak boleh melakukan tindakan untuk mengintimidasi siapa pun yang dikenalnya untuk menjadi terdakwa atau saksi dalam kasus ini atau menghalangi administrasi peradilan,” kata pengajuan pengadilan yang diposting pada hari Senin.

“Hal di atas termasuk, tetapi tidak terbatas pada, postingan di media sosial atau postingan ulang dari postingan yang dibuat oleh individu lain di media sosial,” tambah perintah tersebut.

Itu ditandatangani oleh Jaksa Wilayah Kabupaten Fulton Fani Willis, yang mengawasi kasus ini, dan pengacara Trump.

Kemudian pada hari Senin, Trump memposting ke platform media sosialnya, Truth Social: “Bisakah Anda percaya? Saya akan pergi ke Atlanta, Georgia, pada hari Kamis untuk DITANGKAP oleh Jaksa Distrik Kiri Radikal, Fani Willis.”

“Dia berkampanye, dan terus berkampanye, dan mengumpulkan uang untuk WITCH HUNT ini,” tambahnya. “Ini dalam koordinasi yang ketat dengan DOJ [Departemen Kehakiman] Joe Biden yang bengkok.”

Dia juga berpendapat bahwa persyaratan jaminan menunjukkan bahwa jaksa wilayah pasti mengira dia mungkin berusaha melarikan diri dari AS.

“Bolehkah saya menaiki pesawat saya yang sangat ‘sederhana’ dan ditempelkan TRUMP emas agar dapat dilihat semua orang,” tulisnya sinis.

“Mungkin tidak, saya akan lebih baik terbang komersial – saya yakin tidak ada yang akan mengenali saya!”

Willis telah meminta hakim untuk menjadwalkan dakwaan – di mana terdakwa secara resmi didakwa dan mengajukan pengakuan bersalah atau tidak bersalah – pada tanggal 5 September.

Dia juga mengusulkan agar persidangan dimulai pada bulan Maret.

Pengacara Trump terlihat di pengadilan Fulton County di Atlanta pada Senin pagi.

Menurut laporan, mereka ada di sana untuk bertemu penyelidik dan merundingkan persyaratan jaminan.

Ketika Trump benar-benar menyerah, akan ada “penguncian keras” di sekitar area penjara kabupaten, menurut Kantor Sheriff Kabupaten Fulton.

Barikade telah dipasang di luar pengadilan menjelang penyerahan diri Trump yang diantisipasi minggu ini.

Kantor sheriff mengatakan pada hari Senin bahwa barikade akan tetap ada sampai hari Sabtu. Ke-19 terdakwa memiliki waktu hingga tengah hari pada hari Jumat untuk menyerahkan diri untuk diproses.

Trump pekan lalu didakwa bersama rekan terdakwanya karena berusaha menumbangkan keinginan pemilih Georgia dengan ikut campur dalam hasil pemilihan negara bagian setelah kekalahannya pada 2020 dari Demokrat Joe Biden.

Mantan presiden terdengar dalam panggilan telepon menekan Sekretaris Negara Republik Georgia Brad Raffensperger untuk “mendapatkan 11.780 suara” selama penghitungan surat suara.

Mantan presiden AS pertama atau menjabat yang pernah didakwa, dia menghadapi tiga kasus kriminal lainnya.

Trump telah berulang kali membantah melakukan kesalahan dan menyebut tuduhan itu bermotif politik.

Dia saat ini memimpin perlombaan Partai Republik untuk memilih calon Gedung Putih berikutnya untuk menantang kandidat dari Partai Demokrat, mungkin Tuan Biden, dalam pemilihan presiden 2024.

Trump telah mengatakan dia akan melewatkan debat pertama Partai Republik yang disiarkan televisi pada Rabu malam.

“Masyarakat tahu siapa saya dan betapa suksesnya saya menjadi Presiden,” kata Trump di Truth Social pada hari Minggu. “Oleh karena itu, saya tidak akan melakukan debat.”

Sumber yang dekat dengan Trump mengatakan dia malah merekam wawancara dengan mantan pembawa acara Fox News, Tucker Carlson.

Pemilihan pendahuluan di setiap negara bagian – di mana pemilih dari Partai Republik akan memilih calon dari partainya – akan dimulai pada 15 Januari 2024. (BBC/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.