Senin, 29 April 24

Jokowi Tinjau Panen Padi Bibit Varietas IPB 3S di Karawang

Jokowi Tinjau Panen Padi Bibit Varietas IPB 3S di Karawang

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa optimisnya bahwa kebutuhan beras di dalam negeri akan tercukupi. Terlebih lagi ditemukannya bibit varietas IPB 3S yang dapat menghasilkan 13,4 ton per hektarnya.

“Lonjakannya langsung beberapa kali lipat‎. Intensifikasi seperti ini yang diperlukan, sehingga hasil produksi dapat meningkat total,” ucap Presiden ‎ketika meninjau panen padi bibit varietas IPB 3S di Desa Cikarang, Cilamaya Wetan, Karawang, seperti dikutip dari siaran pers Tim Komunikasi Presiden, Minggu (27/9/2015).

Presiden yang didampingi Ibu Iriana Joko Widodo, mengatakan bahwa bibit varietas itu baru diujicobakan pada lahan seluas 500 hektar. Setelah ini, kata Presiden, langsung akan ditanam pada lahan seluas 100 ribu hektar‎.

Jokowi - padi2

‎Bibit varietas IPB 3S merupakan hasil kerja keras tim dari Institut Pertanian Bogor yang dipimpin Dr. Ir. Hajrial Aswidinnoor. Penelitian yang dilakukan Hajrial dimulai sejak 2004 dan kini dua produk unggulannya IPB 3S dan IPB 4S dapat menghasilkan panen hingga 11,5 ton per hektar, bahkan di tempat yang dikunjungi Presiden dapat menghasilkan 13,4 ton setiap hektar.

Sebagai perbandingan, rata-rata nasional hanya menghasilkan 5,5 ton setiap hektar. Hajrial adalah dosen IPB yang melakukan penelitian dengan fokus pada tanaman padi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ini diantaranya, Menteri ‎Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Marwan Jafar, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.