Selasa, 30 April 24

Jokowi Serahkan Bantuan Stimulan Petani Gagal Panen di Grobogan

Jokowi Serahkan Bantuan Stimulan Petani Gagal Panen di Grobogan
* Presiden RI Joko Widodo dalam penyerahan bantuan stimulan kepada petani gagal panen (puso) di GOR Bung Karno, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, pada Selasa (23/1/2024). (Foto: Kemenko PMK)

Obsessionnews.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy turut mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam penyerahan bantuan stimulan kepada petani gagal panen (puso) di GOR Bung Karno, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, pada Selasa (23/1/2024).

Baca juga: Jokowi dan Menko PMK Resmikan Bangunan Gedung II Kampus Nusantara Universitas Gunadarma di Kawasan IKN

Hal itu dilakukan dalam upaya membantu petani agar dapat kembali menanam pasca bencana, pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) memberikan bantuan stimulan sebesar Rp8 juta per hektare. Jokowi menyatakan, sebanyak 16 ribu hektare lahan terdampak El Nino, banjir, dan kekeringan di Jawa Tengah. Bantuan stimulan ini diberikan kepada petani dari Kabupaten Grobogan, Kudus, Jepara, Demak, dan Pati dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

“Nanti moga-moga bapak ibu dalam 3-4 bulan yang akan datang segera panen kemudian dari situlah produktivitas bisa kita naikkan,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulis Kemenko PMK dikutip obsessionnews.com, Rabu (24/1).

Baca juga: Kemenko PMK Kembali Gelar Anugerah Revolusi Mental 2023

Jokowi menjelaskan, dampak perubahan iklim telah dirasakan oleh negara-negara di seluruh dunia, menyebabkan gagal panen dan penurunan produktivitas padi. Sebanyak 22 negara, termasuk Indonesia, terpaksa menghentikan kebijakan ekspor beras dan memprioritaskan stok beras untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Oleh karena itu, Presiden menekankan peran sentral petani dalam menjaga ketahanan pangan Indonesia.

“Oleh sebab itu, peran bapak, ibu para petani itu sangat penting bagi negara ini,” tambahnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan ini adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Suharyanto, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Grobogan Sri Sumarni. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.