Jumat, 26 April 24

Jokowi: Lulusan IPDN Harus Jadi Pelopor Reformasi Birokrasi di Institusi Pemerintah

Jokowi: Lulusan IPDN Harus Jadi Pelopor Reformasi Birokrasi di Institusi Pemerintah

Jatinangor, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi akhirnya melantik 1.921 Pamong Praja Muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXIII Tahun 2016 di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar), Senin (8/8/2016). Pamong Praja Muda tersebut terdiri dari lulusan program diploma empat, 1.723 orang dan lulusan strata satu (S-1) 198 orang.

“Pertama-tama saya ucapkan selamat kepada Pamong Praja Muda yang telah lulus menempuh pendidikan di IPDN tahun ini. Inilah awal dari pengabdian panjang saudara-saudara sebagai aparatur sipil negara untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Presiden Jokowi mengatakan Pamong Praja Muda IPDN yang baru lulus ini akan menjadi ujung tombak negara dalam memberikan pelayanan publik yang cepat, responsif, serta berkualitas. Untuk itu, para generasi muda ini dituntut harus menjadi pelopor reformasi birokrasi di institusi pemerintahan.

“Di manapun saudara-saudara nanti akan ditugaskan, saudara-saudara harus menjadi pribadi-pribadi terdepan dalam revolusi karakter mental, perubahan pola pikir, maupun perubahan sistem tatakelola pemeritahan yang lebih baik, harus menjadi teladan bagi rakyat dalam membangun sikap yang optmis, silkap yang inovatif, sikap yang berani melakukan terobosan yang bermanfaat bagi rakyat,” ujar Presiden.

Jokowi mengingatkan para lulusan IPDN ini ke depan akan menghadapi tantangan yang begitu kompleks. Tantangan di mana semakin tigginya harapan dan tuntutan rakyat akan kinerja aparatur sipil negara yang bekerja semakin berintegritas, efektif dan berkualitas.

Selain itu, lanjut Presiden, dunia saat ini tengah berada di era kompetisi global yang ditandai dengan perbuahan-perubahan yang sangat cepat. Sehingga dibutuhkan aparatur sipil negara yang bisa bekerja lebih responsif, cepat, mampu memberikan pelayanan publik dengan prima serta berinovasi untuk memperkuat daya saing bangsa.

“Saya berkeyakinan sudara-saudara mampu mengemban tugas dari bangsa dan negara itu dengan sebaik-baiknya, asalkan saudara-saudara mau berani melakukan perbaikan diri, berani menginisiasi perubahan serta berani menggerakan reformasi birokrasi di lingkungan kerja saudara-saduara masing-masing,” ucapnya.

“Kuncinya saudara-saudara harus berani melakukan perombakan-perombakan kreartif terobosan-terobosan yang produktif, tidak terjebak pada rutinistas, tidak berorientasi hanya semata-mata pada prosedur, tatapi lebih mengedepankan hasil dan karya nyata untuk rakyat kita,” tambah Presiden.

Di akhir sambutannya Presiden Jokowi meminta Pamong Praja Muda IPDN ini harus memegang komitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, berintegritas, bebas KKN, sehingga pemerintahan ini semakin dipercaya oleh rakyat.

“Terakhir saya mengucapakan selamat bertugas kepada Pamong Praja Muda Indonesia. Selamat mengabdi kepada rakyat, bangsa dan negara. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu bersama kita semua,” tutup Presiden. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.