Jumat, 26 April 24

Jahja Setiaatmadja, Pemimpin Adaptif di Tengah Krisis

Jahja Setiaatmadja, Pemimpin Adaptif di Tengah Krisis
* Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja. (Foto: Fikar Azmy)

Dukung Penyelenggaraan G20, BCA Hadirkan Solusi Perbankan Internasional

Sebagai bank yang dipercaya Bank Indonesia untuk menjadi salah satu bank yang menjalankan skema pembayaran Local Currency Settlement (LCS), BCA terus berkomitmen mendukung berbagai inisiatif pemerintah dalam layanan perbankan dan kolaborasi antar penyedia jasa keuangan dalam lingkup ekosistem perdagangan global.

Salah satu bentuk komitmen dalam mendukung transaksi global adalah serta dalam acara G20 Side Event Series bertema ‘’Managing Risk of the Exit Policy Dynamic Through More Diversified Currency to Support Global Trade and Investment’’.

BCA, kata Jahja, secara penuh mendukung penyelenggaraan G20 Indonesia 2022 dan berkomitmen untuk memberikan kontribusi melalui berbagai aspek. Forum ini merupakan show case upaya Indonesia dan negara mitra LCS untuk mendukung pemulihan ekonomi negeri dengan bersinergi dan melakukan harmonisasi aturan khususnya di pasar valuta asing, dalam mendorong kegiatan perdagangan dan investasi di masing-masing negara.

“Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan awareness negaranegara G20 lain atas manfaat dari skema LCS untuk penguatan ekonomi regional yang akan mendukung ekonomi global. BCA sebagai bagian dari perbankan nasional terus mendorong inisiatif bank sentral di beberapa negara dalam mendukung transaksi LCS yang efisien dan kompetitif,” paparnya.

Pertumbuhan transaksi LCS di BCA sendiri terus mengalami peningkatan, di mana pada 2021 transaksi LCS di BCA meningkat di atas 40 persen baik secara nilai transaksi maupun jumlah transaksi. Sebagai apresiasi dari Bank Indonesia, BCA juga telah memperoleh penghargaan sebagai Bank Pendukung Pengembangan Pasar Valas Terbaik 2021.

Selain inisiatif LCS, BCA juga mendukung inisiatif regulator dalam penyediaan QR sebagai metode pembayaran di Thailand dan Malaysia.

‘’Ke depannya BCA akan terus mendukung bisnis perbankan internasional khususnya terkait transaksi LCS. Adapun beberapa negara yang potensial untuk dijajaki kerja sama LCS adalah Taiwan, Korea, dan India. Kami berharap melalui penyelenggaraan G20 ini, kami turut serta membangkitkan perekonomian global dan Indonesia meskipun pandemi masih berlangsung,’’ tutup Jahja. (Gia/MO/Poy)

Simak artikelnya juga di e-magazine  : https://mensobsession.com/e-mag/219-s-1s3o6t 

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.