Jumat, 3 Februari 23

Jahja Setiaatmadja, Pemimpin Adaptif di Tengah Krisis

Jahja Setiaatmadja, Pemimpin Adaptif di Tengah Krisis
* Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja. (Foto: Fikar Azmy)

Jakarta, obsessionnews.comJahja Setiaatmadja, seorang bankir andal yang dimiliki negeri ini. Dia merupakan sosok penting atas keperkasaan PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Kepiawaiannya dalam melakukan berbagai terobosan membuat bank yang dinakhodainya tersebut mampu mencetak kinerja cemerlang di tengah tahun pemulihan pandemi

Hal itu bisa ditilik dari pencapaian BCA dan entitas anak yang mampu membukukan laba bersih sebesar Rp31,4 triliun sepanjang tahun 2021. Perolehan laba tersebut tumbuh 15,8 persen secara tahunan (yoy).

“Kami mengapresiasi upaya pemerintah dan juga otoritas dalam mengendalikan pandemi serta memberikan paket stimulus sebagai upaya menuju pemulihan perekonomian nasional. Perseroan turut mendukung momentum pemulihan dengan menyalurkan kredit ke berbagai sector untuk mendorong kredit konsumer,” ungkap Jahja dikutip dari majalah Men’s Obsession, Selasa (22/3/2022).

Pihaknya, sambung dia, juga berinisiatif dengan menggelar sejumlah event virtual, seperti BCA Online Expo, BCA Virtual Mall, hingga UMKM Fast Online pada tahun 2021. Tak hanya itu, bank swasta terbesar di Indonesia ini juga meluncurkan beberapa aplikasi baru, yakni MyBca, Halo BCA, dan merchant BCA untuk melengkapi platform digital BCA. Jahja bahkan berinisiatif membentuk bank digital murni, yaitu blu, yang didesain khusus untuk melayani segmen milenial.

Dari sisi penyaluran kredit, total kredit BCA tumbuh 8,2 persen secara yoy menjadi Rp637 triliun rupiah pada Desember 2021, lebih tinggi dari target pertumbuhan 6 persen. Pertumbuhan kredit BCA diikuti oleh perbaikan kualitas pinjaman. Rasio kredit bermasalah atau non performing loan terjaga sebesar 2,2 persen didukung oleh kebijakan relaksasi restrukturisasi.

Dari sisi pendanaan, CASA (Current Account Saving Account) naik 19,1 persen yoy mencapai Rp767 triliun dan berkontribusi hingga 78,6 persen dari total dana pihak ketiga. Deposito juga tumbuh 6,1 persen yoy menjadi Rp208,9 triliun. Secara keseluruhan, total dana pihak ketiga naik 16,1 persen secara yoy menjadi Rp975,9 triliun, sehingga turut mendorong total aset BCA naik 14,2 persen secara yoy mencapai Rp1.228,3 triliun.

Solidnya pendanaan ditopang oleh kepercayaan nasabah serta kemudahan dan keandalan bertransaksi dalam mengembangkan platform perbankan transaksi. BCA memperkuat ekspansi ekosistem digital melalui kolaborasi dengan mitra strategis serta melakukan berbagai inovasi layanan digital. Pada tahun 2021, total volume transaksi naik 42 persen secara yoy, terutama didukung oleh transaksi pada mobile banking yang tumbuh sebesar 60 persen.

Di bawah komando Jahja, BCA berkomitmen selalu mengedepankan service excellence serta customer satisfication. Komitmen tersebut pun mengantarkan BCA meraih beragam penghargaan.

Belum lama ini, bank berkoden emiten BBCA ini meraih penghargaan khusus dari Gallup International sebagai Bank yang memiliki Customer Excellence memuaskan berdasarkan Gallup’s Global Customer Engagement Database. Lebih lanjut dia menuturkan, BCA juga semakin memperkuat komitmennya untuk mengedepankan nilai-nilai environmental, social, and governance (ESG) mengacu pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Pada 2021, penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan mencapai Rp154,4 triliun atau naik 20,9 persen yoy, jauh di atas target pertumbuhan 5,5 persen. BCA pun turut aktif mendukung upaya pemerintah menanggulangi pandemi, serta senantiasa memprioritaskan keselamatan karyawan dan nasabah. Bank yang didirikan pada 21 Februari 1957 ini menyesuaikan kebijakan work from home dan mempromosikan “Banking from Home”.

BCA juga melaksanakan program Vaksinasi Gotong Royong bagi karyawan, serta menghadirkan sentra vaksinasi bagi masyarakat di berbagai wilayah melalui kolaborasi dengan pemerintah dan otoritas terkait.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.