Jumat, 17 September 21

Jago Ilmu Tanah, Unpad Juara Umum Pilmitanas

Jago Ilmu Tanah, Unpad Juara Umum Pilmitanas

Bandung, Obsessionnews – Akibat Jago dalam ilmu tanah mengantarkan mahasiswa Universitas Pajajaran (Unpad) Juara Umum pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah Nasional (Pilmitanas) 2015.

Juara umum diraih setelah mereka menjuarai beberapa kompetisi pada rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia (Fokushimiti) setiap dua tahun sekali.

Dalam Pilmitanas 2015, tim Unpad diwakili oleh 11 mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Keprofesian Mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan (Himatan) Faperta Unpad Bandung. Sebelumnya mereka berhasil menjadi Juara I pada Kompetisi Soil Debate, Fotografi Ilmiah, dan Poster Ilmiah. Selain itu, mereka juga meraih Juara III pada Soil Judging Contest dan menjadi Juara Favorit Poster Ilmiah.

“Sebenarnya yang kita seleksi itu memang orang yang mewakili. Jadi bukan hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi orang yang memang sanggup mewakili Unpad khususnya di kancah nasional ini,” ungkap Adiyasa Humas Unpad, Selasa (26/05).

Adiyasa mengatakan bukan saat ini saja juara umum diraih Unpad, juara yang sama juga diraih pada Pilmitanas 2009 di UGM dan 2011 di IPB. Pada tahun 2013, Juara Umum gagal diraih, dan Unpad harus puas di posisi ketiga. Untuk tahun ini diselenggarakan di Universitas Andalas Padang, 11-17 Mei 2015 lalu.

Pada Kompetisi Debat, tema yang diangkat adalah “Transfer Teknologi dalam Upaya Mendukung Pertanian Berkelanjutan”. Tim Unpad diwakili oleh Elis, Junius, dan Ary. Sementara pada Kompetisi Poster, Chantik mempersembahkan karyanya berjudul “Jembatan Kualitas Tanah Indonesia”, dan pada Kompetisi Fotografi Zaky berkarya dengan tema “Degradasi Lahan”.

Kemudian pada Soil Judging Contest, diikuti oleh Ary, Elis, dan Junius, dengan tema “Pendeskripsian Tanah untuk Meningkatkan Kualitas Tanah”. Untuk Pilmitanas dua tahun kedepan, mereka mengaku sudah melakukan persiapan sejak sekarang, dengan melakukan sosialisasi, pelatihan, dan simulasi. “Persiapan untuk dua tahun selanjutnya buat ajang Pilmitanas itu akan kami persiapkan dari sekarang, agar targetnya minimal mempertahankan yang sudah ada,” ungkap Adiyasa.

lahan kritis1

Peserta sebelumnya lolos dari serangkaian seleksi yang dilakukan oleh Himatan Faperta Unpad. Mereka adalah Adiyasa Muda Zannatan, Riandy Dhika Nugraha, Priyanka, Annisa Khairani, Elis Nuraeni, Zaky Abdul Haris, Junius Noval Sijabat, Ary Satria Lubis, Chantik Mega Fauziah Ali, Allan Cahyadi Fardhani, dan Arjuna Judeo Sipayung.

Ke-11 mahasiswa ini terbagi menjadi 5 orang sebagai peserta kompetisi, dan 6 orang tim managerial. Selain itu, mereka juga mengaku mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk dosen, alumni, dan mahasiswa Faperta Unpad lain. “Terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kami hingga mencapai prestasi besar ini,” tuturnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.