Sabtu, 27 April 24

Jackie Chan Bisa Tingkatkan Pariwisata Malaysia

Jackie Chan Bisa Tingkatkan Pariwisata Malaysia

Malaysia, Obsessionnews – Malaysia akan mendapatkan keuntungan atas pemberian gelar Datuk kepada bintang aktor laga Hongkong Jackie Chan dapat menarik publisitas yang positif ini bagi negara dan meningkatkan industri pariwisata di Negara tetangga Indonesia itu.

Menteri Pariwisata dan Kebudayaan, Nazri Aziz, mengatakan pemberian penghargaan itu sendiri adalah publisitas yang baik untuk Malaysia, ini terliput secara luas oleh media internasional.
“Saya sepenuhnya mendukung pemberian penghargaan kepadanya,” katanya.

“Dia adalah tokoh utama dalam industri film Cina yang memiliki pertalian dekat dengan Malaysia, jadi saya sangat yakin dia akan membantu untuk mempromosikan industri negara dan pariwisata kita, “kata Nazri, seperti dilansir berita Barnama.

Minggu lalu, Chan dianugerahi Panglima Mahkota Wilayah penghargaan oleh Yang di-Pertuan Agong (Raja Malaysia) Tuanku Abdul Halim Muadzam Shah bersamaan dengan Hari Wilayah Federal.

Aktor-sutradara ini pernah  shooting film Police Story 3 di Kuala Lumpur pada tahun 1992 dan menghadiri pembukaan proyek E-Desa di Cyberjaya pada tahun 2000.

Chan adalah bintang film asing kedua yang diberikan gelar datuk setelah ikon film India Shah Rukh Khan yang menerima penghargaan Darjah Mulia Seri Melaka dari Gubernur Mohd Khalil Yaakob pada tahun 2008. Dua film Khan – 2001 One Ka 4 2 dan 2011 Don 2 – yang sebagian shooting di Malaysia.

Artis asing lain yang pernah diberikan gelar adalah penyanyi Indonesia Rossa, yang menerima penghargaan Darjah Indera Mahkota Pahang tahun lalu.
Ketua Pariwisata Malaysia Dr Ng Yen Yen mengatakan datukship Chan akan membantu Malaysia sebagai bintang memiliki basis penggemar global.

“Secara tidak langsung, ia dapat membantu menempatkan Malaysia dalam cahaya yang positif, dan satu kata publisitas dari dia akan bernilai lebih dari 10 dari kami, “katanya.

Anggota Parlemen untuk Kota Batu daerah pemilihan Kuala Lumpur, Tian Chua juga mengatakan bahwa pihak berwenang yang mengusulkan Chan mendapat penghargaan tidak hanya berpikir bagaimana ia bisa membantu meningkatkan pariwisata.

“Chan adalah legenda bagi masyarakat generasi seluruh Asia dan penghargaan seperti itu juga merupakan pengakuan banyak prestasinya, “kata Tian.

Meski banyak pujian, beberapa warga Malaysia beraksi didunia maya untuk mengekspresikan keraguan mereka atas apakah Chan pantas mendapatkan penghargaan.

Daintaranya, Sutradara film lokal dan aktor Afdlin Shauki, yang menulis di halaman Facebook-nya bahwa Gelar Datuk harus diberikan kepada orang Malaysia yang prestasi adalah menjadi kebanggaan ke negara itu.

Afdlin juga mengatakan bahwa ia “mencintai” Chan, gelar datuk akan tidak bernilai karena masih banyak bintang internasional. Dalam postingan Facebook kemudian, Afdlin mengajak Chan untuk datang ke Malaysia dan membantu membangun industri film di negara itu. (Popi Rahim)

Related posts