Selasa, 20 Oktober 20

Investor Vaksin Jadi Orang Terkaya di China

Investor Vaksin Jadi Orang Terkaya di China
* Zhong Shanshan. (Foto: BBC)

Taipan bisnis air kemasan dan vaksin, Zhong Shanshan menjadi orang terkaya di China. Dia menggantikan posisi yang sebelumnya diduduki pendiri Alibaba Group, Jack Ma.

Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, chairman Nongfu Spring, Zhong Shanshan, memiliki kekayaan hingga US$ 58,7 miliar per hari Rabu (23/9/2020), yakni US$2 miliar lebih banyak dari kekayaan Jack Ma yang berada di bawahnya.

Seperti dilansir BBC News, Zhong Shanshan mendirikan Nongfu Spring pada tahun 1996 di provinsi Zhejiang di pantai Timur Tiongkok.

Indeks Miliarder Bloomberg sekarang menempatkan Shanshan di posisi teratas dengan kekayaan $ 58,7 miliar (£ 46,2 miliar).

Daftar pasar saham baru-baru ini dari perusahaan air minum kemasannya dan saham pengendali di pembuat vaksin telah membantu meningkatkan kekayaannya.

Dijuluki “Serigala Sendirian”, Zhong sekarang adalah orang terkaya kedua di Asia setelah Mukesh Ambani dari India, miliarder di belakang Reliance Industries.

Mr Zhong sekarang menempati urutan ke-17 secara keseluruhan dalam daftar 500 orang terkaya di dunia.

Sebagian besar miliarder baru China berasal dari industri teknologi. Tetapi meningkatnya ketegangan antara China dan AS terkait Huawei, TikTok, dan WeChat telah mendorong penurunan valuasi saham teknologi China.

Sektor makanan dan bahan makanan China sekarang bersaing dengan industri teknologinya dalam menghasilkan orang-orang bisnis terkaya di negara itu.

Pada bulan April, Perusahaan Farmasi Biologi Beijing Wantai Zhong terdaftar di pasar saham Cina. Kepemilikan sahamnya di perusahaan melihat kekayaannya secara keseluruhan melonjak sebanyak $ 20 miliar pada bulan Agustus.

Perusahaan farmasi itu mengatakan telah bermitra dengan dua universitas untuk mengembangkan vaksin kandidat untuk melawan Covid-19.

Topi merah
Saham Nongfu Spring melonjak 54% pada hari pertama perdagangan awal bulan ini ketika terdaftar di bursa saham Hong Kong.

Botol bertutup merah Nongfu Spring dijual secara nasional dari toko-toko kecil hingga hotel-hotel kelas atas. Perusahaan juga menjual teh, minuman vitamin beraroma, dan jus.

Pencatatan pasar saham yang sukses mendorong Zhong menjadi tiga orang terkaya di China bersama dengan bos Alibaba, Tuan Ma dan Tencent, Pony Ma.

Tetapi penurunan minggu ini untuk saham teknologi membuat taipan China itu naik peringkat kekayaan.

Mr Zhong mungkin tidak akan berada di depan Mr Ma, yang telah memegang posisi teratas selama enam tahun terakhir, untuk waktu yang lama.

Ant Group yang didukung Alibaba akan mendaftar di bursa saham China dan Hong Kong bulan depan, yang akan meningkatkan kekayaan bos teknologi itu lebih jauh.

Perusahaan pembayaran online itu dapat memberi Tuan Ma sekitar $ 28 miliar jika perusahaan mencapai penilaian $ 250 miliar yang telah ditargetkan. (BBC/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.