Sabtu, 19 Oktober 19

Ini yang Dilakukan Kementerian PUPR Pasca Banjir di Sultra

Ini yang Dilakukan Kementerian PUPR Pasca Banjir di Sultra
* Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan upaya penanganan tanggap darurat pasca bencana banjir yang menggenangi sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). (Foto: Kementerian PUPR)

Jakarta, Obsessionnews.com – Banjir yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi sejak awal Juni 2019 mengakibatkan kerusakan rumah warga, jalan dan jembatan serta fasilitas umum lainnya di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan upaya penanganan tanggap darurat pasca bencana tersebut.

 

Baca juga:

Kementerian PUPR Bangun Pengendali Banjir Tukad Mati Denpasar

Tangani Banjir, Ridwan Hisjam Nilai Jakarta Perlu Meniru Kota Angkang

Tanggulangi Bencana Banjir, IPC Kolaborasi dengan Pemda Bengkulu

 

Bantuan tanggap darurat disalurkan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya berupa layanan air bersih dan sanitasi, termasuk fasilitas MCK darurat ke lokasi-lokasi pengungsian korban bencana di Kota Kendari, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Konawe Utara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam masa tanggap darurat yang paling penting adalah ketersediaan prasarana dan sarana air bersih dan sanitasi untuk keperluan sehari-hari bagi para korban dan pengungsi.

“Kami sangat concern dengan air bersih terutama di tempat-tempat pengungsian. Kita juga manfaatkan instalasi pengolahan air minum (IPA) terdekat maupun IPA mobile  untuk menyuplai air bersih, khususnya ke posko pengungsian”, kata Basuki melalui keterangan tertulis, Selasa (18/6/2019).

 

Baca juga:

Kementerian PUPR Bantu Pembangunan Jalan Rabat Beton di Wonosobo

Kementerian PUPR Bedah Rumah Terdampak Tsunami di Lamsel

2015-2018 Kementerian PUPR Tata 23.407 Hektare Kawasan Kumuh di Indonesia

 

Bantuan secara bertahap disalurkan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sultra sejak sebelum Hari Raya Idul Fitri. Peralatan yang digunakan berupa 4 unit Mobil Tangki Air, 1 unit mobil toilet, 20 unit WC knockdown, 20 unit Hidran Umum (HU), 20 unit pondasi hidran umum. Seluruh peralatan didistribusikan ke tiga wilayah terdampak banjir, yakni Kota Kendari, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Konawe Utara.

Kementerian PUPR juga menyalurkan air bersih dengan menurunkan satu unit IPA sistem mobile yang berfungsi untuk menyaring air banjir/sungai menjadi bersih dan layak pakai. Unit IPA berkapasitas maksimum 1,5 liter/detik dengan asumsi untuk memenuhi kebutuhan air minum kurang lebih untuk 1.500 orang.

Untuk menambah layanan air bersih dan sanitasi, Kementerian PUPR melalui Satgas Tanggap Darurat Wilayah V Makassar mengirimkan bantuan berupa 2 unit mobil tangki air, 1 unit mobil toilet, dan dump truck yang mengangkut hidran umum. Pengiriman dilakukan menggunakan kapal laut dan telah tiba Kota Kendari pada Minggu (16/6/2019) dan siap untuk didistribusikan.

 

Baca halaman berikutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.