Sabtu, 27 April 24

Ini Cara Mengatasi Kecemasan di Masa Normal Baru

Ini Cara Mengatasi Kecemasan di Masa Normal Baru
* Memenuhi kebutuhan hidrasi untuk mengurangi kecemasan. (Foto: Danone-AQUA)

Jakarta, Obsessionnews.com – Akhir-akhir ini kita semakin sering mendengar istilah new normal atau normal baru. Tanpa disadari tingkat kewaspadaan kita saat beraktivitas di luar rumah ikut meningkat. Akibatnya kecemasan berlebih pun terpicu sebagai salah satu bentuk gangguan fungsi kognitif.

 

Baca juga:

Kemenparekraf Ajak Pelaku Pariwisata Ciptakan Ide Baru Hadapi Era New Normal

Kemenparekraf Dorong Pelaku Kuliner untuk Cepat Beradaptasi di Masa Normal Baru

Ini Tantangan Bisnis Dunia Desain Komunikasi di Era Normal Baru

 

Fungsi kognitif manusia dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti kondisi lingkungan, dan faktor internal seperti kondisi dalam tubuh. Jika kondisi tubuh terganggu, seperti dehidrasi dapat memperparah tingkat kecemasan seseorang. Hal ini tentu berdampak negatif pada kualitas hidup mereka. Menurut sebuah studi dehidrasi dapat mengganggu fungsi kognitif dan memengaruhi suasana hati (mood) seseorang. Padahal fungsi kognitif memegang peranan penting dalam mengatur persepsi, cara berpikir, kemampuan mengingat, dan merasakan emosi.

Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK mengatakan, 75% otak manusia terdiri dari air. Apabila tubuh kehilangan sedikitnya 2% saja dari jumlah total air dalam tubuh, hal ini dapat mengganggu fungsi tubuh kita, termasuk otak.

“Akibat dari fungsi kognitif dan mood yang terganggu, seseorang akan merasa konsentrasinya menurun, mudah mengantuk dan lelah, serta lebih mudah cemas dan tegang,” ujar Diana yang dikutip obsessionnews.com dari womensobsession.com.

Oleh karena itu dia menekankan pentingnya memperhatikan frekuensi minum air demi menjaga kelancaran fungsi otak dan memelihara kesehatan tubuh.

“Faktanya 28% orang dewasa dan 21-22% anak serta remaja di Indonesia masih belum memenuhi kebutuhan hidrasi mereka. Meski kebutuhan hidrasi setiap orang bervariasi tergantung pada banyak faktor, namun orang dewasa sehat dan aktif pada umumnya membutuhkan sekitar 2 liter air setiap harinya; dan secara sederhana kita dapat memenuhinya dengan 4 botol air mineral ukuran 600 ml. Untuk memastikan aliran nutrisi dan hidrasi yang cukup guna menjaga fungsi fisiologis tubuh, sebaiknya kita mengawali dan mengakhiri hari dengan minum air. Minumlah air secara berkala dan sebelum gejala dehidrasi muncul, seperti rasa haus,” katanya.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.