Senin, 14 Oktober 19

Indonesia Tempati Urutan ke-6 Produsen Biji Kakao Terbesar di Dunia

Indonesia Tempati Urutan ke-6 Produsen Biji Kakao Terbesar di Dunia
* Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menghadiri Peringatan Hari Kakao Indonesia tahun 2019 di Plasa Pameran Industri, Jakarta, Selasa (17/9/2019). (Foto: Kemenperin)

Jakarta, Obsessionnews.com – Data International Cocoa Organization (ICCO) menyebutkan, Indonesia menempati urutan ke-6 sebagai produsen biji kakao terbesar di dunia setelah Pantai Gading, Ghana, Ekuador, Nigeria, dan Kamerun dengan volume produksi mencapai 220.000 ton sepanjang 2018.

 

Baca juga:

Industri Pengolahan Kakao Sumbang Devisa Hingga USD1,13 Miliar

Menangani Buah Kakao Agar Tidak Cepat Busuk

Petani Kakao di Sumbar Butuh Bimbingan

 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, untuk mengembangkan industri pengolahan kakao dan meningkatkan nilai tambahnya, pemerintah mendorong pengembangan industri hilir kakao, yaitu makanan berbasis kakao dan cokelat.

 

Baca juga:

Airlangga Ajak Diaspora Indonesia Ambil Peluang Industri 4.0

Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian RI

Mewakili Jokowi, Airlangga Buka IIMS 2019

 

“Salah satu langkah yang dilakukan adalah mendorong promosi produk olahan kakao dan cokelat Indonesia guna meningkatkan konsumsi dalam negeri,” ujar Airlangga pada acara Peringatan Hari Kakao Indonesia tahun 2019 di Plasa Pameran Industri, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Dikutip obsessionnews.com dari siaran pers, Selasa, dalam kesempatan itu Airlangga menilai industri pengolahan kakao masih bakal terus tumbuh dan berkembang, karena produknya telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini.

“Contohnya seperti kopi, bisa juga didorong kafe khusus cokelat. Oleh karena itu harus terus kita dorong sektornya. Sebab, Indonesia punya potensi yang sangat besar,” tandasnya. (arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.