Sabtu, 23 November 19

Indonesia Targetkan Jadi Bagian dari 10 Negara Berekonomi Terbesar di Dunia

Indonesia Targetkan Jadi Bagian dari 10 Negara Berekonomi Terbesar di Dunia
* Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (Foto: Kemenperin)

Jakarta, Obsessionnews.com – Indonesia sedang merevitalisasi industri manufaktur melalui implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0. Upaya ini merupakan sebuah strategi kesiapan dalam memasuki era industri 4.0, serta mengejar target menjadi bagian dari 10 negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2030.

 

Baca juga: Manufaktur Global Melambat, Indonesia Meningkat

 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Perindustrian adalah mengakselerasi industri manufaktur nasional agar terus melakukan inovasi melalui pemanfaatan teknologi modern dan kegiatan litbang.

“Hal ini diyakini juga dapat memacu produktivitas lebih efisien sehingga mendongkrak daya saing industri kita,” kata Airlangga seperti dikutip obsessionnews.com dari siaran pers, Jumat (11/10/2019).

Ia menambahkan, guna mewujudkan sasaran tersebut pemerintah saat ini telah bertekad untuk semakin menciptakan iklim investasi yang kondusif. Kebijakan strategis yang sudah dijalankan antara lain memberikan kemudahan izin usaha serta memfasilitasi insentif fiskal dan nonfiskal.

“Salah satu kunci sukses dari penerapan industri 4.0 adalah peningkatan investasi, terutama berkaitan dengan pengembangan industri baru. Sebab, upaya tersebut akan memperkuat dan memperdalam struktur manufaktur nasional. Selain itu juga akan terjadi transfer teknologi dari investor,” tandasnya.

Produk domestik bruto (PDB) dari sektor manufaktur di Indonesia mencapai Rp565 triliun pada kuartal II tahun 2019, meningkat dibanding perolehan di kuartal I-2019 sebesar Rp555 triliun. Capaian kuartal kedua tersebut tertinggi, karena rata-rata PDB manufaktur Indonesia per kuartal sekitar Rp468 triliun dari periode 2010-2019. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.