Jumat, 26 April 24

Indonesia-Africa Forum 2018 Dorong Ekspor dan Kerja Sama

Indonesia-Africa Forum 2018 Dorong Ekspor dan Kerja Sama

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Perdagangan menyatakan dukungan penuh perhelatan perdana “Indonesia-Africa Forum (IAF) 2018” di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali pada 10-11 April 2018 mendatang.

Acara yang digelar oleh Kementerian Luar Negeri ini merupakan komitmen pemerintah Indonesia dalam peningkatan kerja sama dengan 53 negara di Benua Afrika.

“Afrika memiliki potensi pasar yang besar dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, namun selama ini belum digarap dengan maksimal. Sekarang saat yang tepat bagi Indonesia untuk mendorong ekspor dan kerja sama bisnis ke pasar yang potensial ini,” ungkap Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam keterangan tertulis yang diterima Obsessionnews.com, Senin (9/4/2018).

Total perdagangan Indonesia dengan Afrika pada 2017 mencapai USD 8,85 miliar. Nilai ini meningkat sebesar 15,49% dibanding tahun sebelumnya. Produk-produk yang diekspor ke Afrika diantaranya minyak kelapa sawit, tekstil dan produk tekstil, kertas, sabun, dan kopi.

IAF 2018, lanjut Mendag, merupakan platform bagi pemerintah dan pelaku usaha Indonesia-Afrika untuk mengeksplorasi dan meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan serta mempromosikan investasi dan kerja sama teknis dengan negara kawasan Afrika. Hal ini sejalan dengan upaya Kemendag dalam menerapkan diversifikasi produk ekspor ke pasar non tradisional, seperti Afrika.

Selama penyelenggaraan IAF, Kemendag juga mengkoordinasi pameran produk Indonesia. Pameran ini diikuti 56 perusahaan, asosiasi, kementerian, dan lembaga yang bergerak di bidang industri strategis, yaitu otomotif, produk farmasi, kopi, konstruksi, makanan olahan, produk minyak sawit, keuangan, peralatan medis, teknologi, fesyen dan aksesori, kerajinan, home décor, serta produk organik.

Sebagai pasar potensial yang tengah disasar Indonesia, Kemendag juga mengundang para pelaku usaha dari Afrika untuk hadir pada TEI 2018 pada 24-28 Oktober 2018 di Indonesia Convention Exhibtion Bumi Serpong Damai (ICE-BSD), Tangerang. (Popi)

 

Baca juga: 

Aljazair, Pasar Non Tradisional, Potensi yang Tak Tersentu

Kemendag Gelar Klinik Bisnis di Toraja

Kemendag Tetapkan Harga CPO Periode Maret 2018

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.